Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 21 Jun 2020  17:27 WIB  1 komentar
Selamat sore dok, sudah 3 bulan saya mengalami pusing seperti vertigo dan jantung berdebar² lalu saya sempat cek darah dan hasilnya leukosit saya tinggi sekarang leukosit saya sudah normal tapi saya tetap pusing dan jantung berdebar². Apakah ada saraf saya yang terjepit atau darah saya kental dok?
 22 Jun 2020  07:02 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Vertigo adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami pusing disertai perasaan dirinya / lingkungan berputar. Saat mengalami vertigo, anda dapat mengalami sensasi sekeliling anda berputar. Gejala vertigo dapat disertai dengan gangguan keseimbangan, sulit berdiri / berjalan, mual, dan muntah. Untuk mengobati vertigo, dokter perlu menelusuri terlebih dahulu kemungkinan penyebabnya. Vertigo diatasi dengan pemberian obat untuk membantu meredakan gejala vertigo, misalnya betahistin ataupun obat untuk mengurangi gejala yang timbul, misalnya obat antimual. Anda dapat melakukan beberapa hal di bawah ini untuk membantu mengurangi gejala vertigo:

  • Menghindari perubahan posisi secara mendadak/terlalu cepat dan tiba-tiba, misalnya dari tidur-duduk-berdiri
  • Menghindari gerakan menunduk/membungkuk, kepala tengadah
  • Hindari melakukan gerakan tiba-tiba. Bangun dari tempat tidur ke berjalan dilakukan secara perlahan-lahan
  • Tidur dengan bantal tinggi

Apakah keluhan dada berdebar disertai nyeri dada, keluar keringat dingin dan badan terasa lemas? Apakah ada situasi/kondisi yang memicu keluhan ini timbul, misalnya saat anda kelelahan/ sedang marah/ berolahraga? Apakah anda sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu? Karena beberapa obat seperti obat flu, asma, alergi dapat menyebabkan berdebar-debar. Keluhan jantung yang berdetak kencang dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kondisi cemas, efek samping obat, konsumsi kafein, alkohol, hipertiroid, dll.

 

Anda dapat mengatasi jantung berdebar-debar dengan cara berikut:

- Batasi konsumsi kafein/ alkohol.

- Hindari merokok.

- Duduk dan angkat kaki anda lebih tinggi dari jantung. Tarik nafas dalam dan perlahan.

- Perbanyak minum air

- Luangkan waktu setidaknya 30 menit per hari untuk menenangkan pikiran anda.

- Cobalah tidur setidaknya 8 jam setiap hari

 

Bila keluhan anda ini sudah berlangsung lama, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter agar dapat diperiksa secara langsung keadaan anda dan diberi terapi yang sesuai.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat