Your browser does not support JavaScript!
Wanto Joe
Wanto Joe
 28 Apr 2015  16:33 WIB  1 komentar
selamat sore dok, saya mau bertanya.
dipergelangan kaki kiri beberapa bulan yang lalu pernah terkilir hebat,tetapi tidak ada bengkak,sampai untuk berdiripun tidak kuat,dan terdapat memar merah dibagian bawah mata kaki,
rasa sakitnya hilang +- 1 bulan,
lalu sacoba untuk berolah raga futsal hanya bertahan 1bln,setelah itu terulang lagi terkilir dibagian yang sama, dg posisi terkilir kaki keluar,tapi rasa sakitnya hanya 4 hari.
1.kenapa saat terkilir tidak bengkak dan terdapat memar?
2.adakah kemungkinan keretakan pada tulang?
3.Dapatkah pergelangan kaki saya kembali normal?
4.Tindakan apa yang harus saya lakukan sedangkan saya hobi futsal?
Maaf dok cerpen sedikit diatas.
sebelumnya terimakasih dokter.
 28 Apr 2015  16:59 WIB
Selamat sore, terima kasih atas pertanyaannya.

Sebenarnya, bila Anda memang terkilir, maka pergelangan kaki Anda pasti akan bengkak. Akan tetapi, bila Anda memperoleh penanganan dalam waktu singkat (misalnya langsung dikompres dengan air dingin), maka pembengkakan pun akan berkurang.

Memar sendiri sebenarnya hanya terjadi bila Anda pembuluh darah kecil (kapiler) yang pecah, yang biasanya terjadi saat Anda terantuk oleh sesuatu bukan akibat terkilir.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami keretakkan pada tulang, dianjurkan agar Anda melakukan foto rontgen.

Untuk mengetahui apakah pergelangan kaki Anda dapat kembali berfungsi sebagaimana mestinya dianjurkan agar Anda berkonsultasi dengan seorang dokter spesialis bedah tulang.

Bila Anda tetap ingin bermain futsal setelah beberapa kali terkilir, maka dianjurkan agar Anda lebih berhati-hati saat bermain. Beristirahatlah di saat Anda telah merasa lelah dan jangan memaksakan diri. Selain itu, gunakanlah sepatu dengan ukuran yang sesuai.

Demikian jawaban dari kami, semoga dapat membantu.