Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 01 Aug 2020  21:46 WIB  1 komentar
Malam dok..

Saya ingin bertanya, malam ini saya tiba tiba terbangun dari tidur saya karna tidak bisa bernafas dan ketika banhun dari tidur saya langsung terduduk dan ngos-ngossan.Kira kira apa penyebabnya ya dok? Padahal bantal saya sudah saya tinggiin..

Mohon jawabannya
Terima kasih~
 02 Aug 2020  07:54 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Pernafasan terhenti sebentar saat tidur disebut sebagai sleep apnea. Biasanya penderita akan mengalami nafasnya berhenti selama beberapa saat beberapa kali dalam satu siklus tidur mereka, sehingga menyebabkan tubuh tidak mendapat oksigen dalam jumlah cukup. Umumnya faktor risiko sleep apnea antara lain: laki laki, obesitas, usia di atas 40 tahun, lidah besar, riwayat keluarga sleep apnea, amandel yang besar, hidung tersumbat, kebiasaan merokok, konsumsi minuman keras, dll. Kondisi ini bila tidak diobati, dapat menyebabkan komplikasi antara lain: menurunkan performa aktivitas sehari-hari, sakit kepala, darah tinggi, stroke, diabetes, depresi, dll. Selain karena sleep apnea, keluhan anda juga dapat disebabkan karena GERD (gastroesophageal reflux disease), serangan panik, asma, gagal jantung, dll. Untuk memastikan apa penyebab pastinya, perlu evaluasi menyeluruh oleh dokter untuk mengidentifikasi penyebab pasti keluhan anda. Beberapa hal yang dapat anda lakukan sementara ini:

  • Rajin berolahraga
  • Jagalah berat badan anda ideal, sebisanya jangan makan terlalu banyak menjelang waktu tidur
  • Pilih posisi tidur yang nyaman, misalnya dengan meninggikan sedikit kepala, miring kanan, atau kiri, agar jalan napas tidak tersumbat
  • Hindari konsumsi kafein, alkohol.
  • Bila ada sesuatu hal yang membuat anda cemas, takut, atau panik, cari solusi atas permasalahan tersebut. Anda dapat melakukan relaksasi dan untuk membuat diri llebih tenang.

 Jika keluhan masi terus berlanjut segera berkonsultasi ke dokter.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat