Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 28 Jul 2020  10:39 WIB  1 komentar
Saya sering kali berkhayal menjadi orang lain. Saya menciptakan sosok tersebut. Namun saya sadar bahwa itu hanya khayalan. Saya masih bisa berinteraksi dan bekerja. Saya memendam pikiran2 saya sendiri. Namun sekarang saya ketakutan apakah saya gila karena menyukai hal yang saya khayalkan. Apa saya masih normal? Dan bagaimana saya mengatasi ini agar saya tidak suka berkhayal lagi?
 29 Jul 2020  08:30 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Setiap orang pasti pernah berkhayal/berimajinasi.  Berkhayal masih dianggap wajar bila hanya dilakukan sesekali dalam waktu yang singkat dan masih bisa membedakan antara realita dan khayalan. Namun bila seseorang menjadi sulit membedakan antara khalayannya dengan kenyataan dan percaya bahwa khayalannya benar-benar nyata, maka sudah mengalami gangguan pikiran. Dilain pihak,jika seseorang terlalu sering menghayal, bisa mengganggu aktivitas sehari-hari misal pekerjaannya sehari-hari menjadi terbengkalai karena sibuk menghayal/melamun, hubungan dengan orang lain kurang baik (karena lebih suka dengan khayalannya di bandingan bersosialisasi dengan orang sebenarnya), dll.  Penyebab seseorang suka berkhayal biasanya karena kurang puas dengan keadaannya dikehidupan nyata,  adanya gangguan depresi, gangguan kepribadian, dll. Namun untuk menentukan apakah yang sedang terjadi pada diri anda, sebaiknya anda mau memeriksakan diri ke psikiater, untuk dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Beberapa hal yang dapat anda lakukan sementara ini: lakukan kesibukan lainnya agar tidak terus berkhayal misal dengan melakukan hobi anda, perbanyak sosialisasi dengan orang lain, belajarlah untuk berbagi masalah/ perasaan dengan org lain untuk mengurangi beban pikiran anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat