Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 05 Jun 2021  21:49 WIB  1 komentar
Slmat mlm dok, mau minta solusinya gimana dok.
Saya kan habis operasi tumor blm cukup 1bln, TPI sblm sya operasi tumor sya sdh telat haid sampai sekarang dri blm 4 sya TDK haid. Dan saya juga habis SC BARU 10 bln. Saya blm tes atau periksa saya hamil atau tidak dok karna saya takut kalau nanti sya benar hamil resikonya gmna dok dan solusinya gimana. Soalx sya SC baru 10 dan saya operasi tumor belum cukup 1 bln dok. Jdi pertanyaan ku kalau misalkan saya hamil dokter kira2 gmna , dan resiko nya bagaimna ,tlg d jelaskan dok
. Trimakasih
 07 Jun 2021  08:07 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Setelah melahirkan siklus haid dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan. Waktu terjadinya menstruasi kembali setelah melahirkan tidak dapat ditentukan secara pasti, ada faktor yang berpengaruh besar terhadap siklus menstruasi setelah melahirkan, yaitu menyusui. Jika anda memberikan ASI ekslusif kepada anak anda selama 6 bulan pertama setelah melahirkan, maka anda tidak akan mengalami menstruasi. Selama seorang wanita memberikan ASI kepada anaknya secara penuh (tanpa dibantu dengan memberi susu formula) maka kembalinya menstruasi akan memakan waktu lebih lama untuk muncul kembali. Mungkin anda baru akan mengalami menstruasi saat berhenti menyusui ASI secara total. Namun bila anda berhenti total memberi ASI kepada bayi anda, dan hanya memberikan susu formula, maka siklus menstruasi yang normal biasanya akan kembali dalam jangka waktu mulai 5 minggu hingga 3 bulan setelah melahirkan. Bila anda mulai memberikan makanan tambahan lain/susu formula sebagai pendamping ASI, pemberian makanan lain itu akan mengurangi frekuensi isapan bayi pada payudara, sehingga secara perlahan kesuburan anda akan kembali, dan anda akan mendapat haid kembali dan memiliki peluang untuk hamil kembali. Siklus haid juga akan kembali normal secara perlahan.

 

Kembalinya menstruasi setelah melahirkan tidak sama antara satu wanita dengan wanita lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh :

  • ASI ekslusif yang diberikan selama 6 bulan dapat mempengaruhi hormonal dan keluarnya haid. Menstruasi akan memakan waktu lebih lama untuk muncul kembali
  • Faktor hormonal. Proses menstruasi diatur oleh kadar hormon di dalam tubuh dan hal ini berbeda-beda pada setiap orang.
  • Kurangnya asupan gizi yang baik dapat membuat hormonal wanita terganggu
  • Gangguan hormonal lainnya.
  • Pengaruh kontrasepsi yang digunakan

 

Namun keterlambatan menstruasi juga perlu diwaspadai apalagi bila anda sudah tidak memberikan ASI, karena dapat saja terjadi suatu kehamilan maupun penyakit lainnya. Sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter kandungan agar dapat diperiksa secara langsung oleh dokter. Jarak yang terlalu dekat antara kehamilan pertama dan kedua dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir bayi rendah. Konsultasikan dengan dokter kandungan anda jika haid tak kunjung datang ya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat