Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 14 Feb 2020  05:43 WIB  1 komentar
Dok, saya umur 24 tahun, saya menderita skoliosis, lengkungannya tidak parah, dan selama ini hanya kadang merasa nyeri saat kelelahan,
Pertanyaan saya dok, sekarang saya bekerja sebagai terapis pijat dan membutuhkan tenaga dan penekanan yg kuat, apakah tidak bermasalah ke skoliosis saya? sedangkan tekanan saya tidak bisa sekuat yg lainnya, apakah bisa terjadi cedera jika saya paksakan bekerja dengan tekanan dan tenaga?
Terimakasih dok
 14 Feb 2020  08:14 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Skoliosis merupakan kondisi melengkungnya tulang belakang secara tidak normal. Penyebabnya bermacam-macam antara lain karena infeksi, trauma /cedera, osteoporosis, dan yang paling sering adalah idiopatik / tidak jelas penyebabnya, kemungkinan karena postur tubuh / kebiasaan yang buruk. Skoliosis pada kebanyakan kasus tidak bergejala sehingga jarang memerlukan pengobatan khsusus. Skoliosis yang berat dapat menyebabkan gejala seperti rasa nyeri pada daerah pinggang/ punggung, rasa nyeri ketika duduk, bahu tampak terlihat miring sebelah, salah satu sisi tulang selangka lebih menonjol. Skoliosis terbagi menjadi beberapa derajat keparahan berdasarkan derajat kemiringannya. Penanganan tergantung dari derajat dan usia pasien, meliputi : observasi dengan melakukan x-ray secara berkala, fisioterapi, pemberian obat untuk meredakan nyeri jika timbul nyeri, operasi hanya dilakukan pada kasus yang derajatnya berat, progresif / memberat dengan cepat, atau disertai dengan komplikasi sperti ancaman jepitan saraf, dll. Pada skoliosis derajat sedang, penanganan yang sering diberikan adalah dengan menggunakan penyangga. Sebaiknya anda memeriksakan terlebih dahulu kondisi anda dengan spesialis ortopedi, untuk memastikan diagnosis, menilai derajat keparahan sehingga anda mendapat penanganan yang sesuai.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat