Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seta Prasetya
Seta Prasetya
 28 May 2020  17:19 WIB  1 komentar
Selamat sore dok, saya seorang karyawan umur 29th laki2, akhir2 ini saya seeing mengalami gejala seperti keram perut bagian kiri bawah kaku gitu dan menjalar ke bagian seluruh tangan hingga jari kaku ga bisa digerakkan, tangan kaki dingin dan kesemutan parah, tolong dok kira2 kenapa? Dan apa aja tips mengatasi nya.. . Terima kasih banyak untuk dokter yg mau menjawab semoga dibalas oleh tuhan yg maha esa

Dan tambahan pernah terjadi 4 kali dok
- Tahun 2017 ketika sya dipesawat itu dingin bgt dan tangan perut saya keram dan jadi kaku hingga susah bernafas
- Tahun 2019 ketika pulang kerja malam hari dijalan bawa motor, seketika lngsung merasakan keram di perut tangan dan akhirnya keseluruh badan
- tahun 2020 bulan puasa ini dieaktu sore hari sebelum buka puasa, lngsung merasakan keram perut bawa sebelah kiri, dan menjalar ke tangan kaki, dan jari tangan menjadi kaku semua
- baru kemarin sedang berpuasa, terjadi 2x sore dan malam, tiba2 tangan merasa kesemutan & menjalar ke kaki, badan menjadi dingin, perut sebelah bawah kiri menjadi keram hebat, dan jari tangan kaku ga bisa digerakan, disertai badan lemas bgt seperti tidak ada tenaga, mulut merasa pahit ketika minum
 29 May 2020  09:29 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

 Kram dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah :

  1. Gangguan aliran darah yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah posisi tidur yang menekan pembuluh darah terlalu lama.
  2. Kekurangan mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium dapat mengundang kaki kram.
  3. Tekanan terhadap saraf pada tulang belakang 
  4. Kelelahan dan dehidrasi (kekurangan cairan).
  5. Pada penderita penyakit kronik seperti diabetes melitus, gangguan tiroid,multiple sclerosis
  6. Cedera atau menggunakan otot secara berlebihan, misal terlalu lama duduk, berdiri lama di atas permukaan yang keras, atau meletakkan kaki pada posisi yang tidak nyaman selama tidur juga dapat membuat otot kaki menegang atau kram.
  7. Terpapar suhu dingin, khususnya air dingin. Biasanya terjadi setelah mandi dengan air dingin atau kehujanan. Udara kamar (AC) yang terlalu dingin dapat menyebabkan pembuluh darah mengkerut untuk mempertahankan panas dalam tubuh, sehingga suplai darah ke otot berkurang.
  8. Kekurangan vitamin B
  9. Penggunaan obat-obat tertentu, seperti antipsikotik, diuretik, statin, dan steroid
  10. Kehamilan

 

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kram, antara lain:

- Konsumsi cukup kalsium dan magnesium. 

- Kompres bagian yang kram dengan air hangat

- Jika kram timbul saat anda beraktivitas, segera hentikan aktivitas dan lemaskan otot dengan peregangan ringan. Gerakkan kaki dengan berjalan perlahan-lahan. Hal ini bertujuan mengirimkan sinyal di dalam tubuh bahwa otot Anda butuh berkontraksi kemudian relaksasi.

- Minum air putih atau minuman yang mengandung elektrolit secukupnya 

- Ganjal ujung kaki dengan bantal saat tidur untuk mencegah kram.

- Apabila kram terjadi di malam hari atau saat beristirahat dapat dicegah dengan melakukan peregangan saat berolahraga, terutama sebelum tidur. Peregangan sederhana pada otot betis selama 10-15 detik dan diulang sebanyak 2-3 kali dapat sebelum tidur dapat membantu mencegah terjadinya kram di malam hari (kram nokturnal) 

 

Apabila keluhan kram anda tidak berkurang bahkan mengganggu aktivitas anda sehari-hari, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang lainnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat