Your browser does not support JavaScript!
Dokter & Expert  Menjawab
R
Ridwan
Selamat sore dok,

saya mau bertanya, mengapa bapak saya sering merasa pusing dan keluar keringat dingin selepas bangun tidur siang?

sebelumnya bpk saya ada hipertensi, tetapi selalu rutin minum obat dari dokter pagi dan malam hari, tekanan darah skrg di 120/80.

hasil ekg dan echo sesuai penjelasan dokter semuanya normal, begitupun hasil lab kolestrol, gula darah semua normal.

yang saya takutkan apakah ini gejala awal stroke? tetapi menurut penjelasan dokter terakhir kali cekup bulan lalu, dokter mengatakan apakah ada tanda2 kesulitan bicara, kesulitan mengerti perkataan, lidah pendek, sebagian wajah menurun saat terjadi pusing. dan semua gejala itu tidak ada saya perhatikan pada bapak saya, saya tanyakan ke bapak saya apakah kesulitan bernapas atau jantung berdebar kencang saat pusing beliau menyatakan tidak, semua biasa saja. yg ada hanya pusing dan selepas itu keluar keringat dingin kurang lebih 10-15 menit dan semua normal kembali.

sebelumnya, bapak saya juga ada vertigo dok, dikarenakan bagian dalam telinga ada yang lubang menurut dokter spesialis THT. tetapi biasanya kalau vertigo kambuh bapak akan merasakan gejala telinganya berair, tetapi pada kasus pusing setelah bangun tidur ini telinga bapak tidak berair sama sekali.

mohon penjelasan dari dokter.

terima kasih
Dianapurnamasari, Dr
Dianapurnamasari, Dr

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi di layanan dokter.id

Beberapa penyebab pusing disertai keringan dingin antara lain: Migrain, Cemas/ stress sehingga memicu kelenjar keringat keluar lebih banyak dan menyebabkan keringat dingin, Vertigo (adanya gangguan telinga dan keseimbangan), kadar gula rendah, hipotensi postural, dehidrasi, gangguan saraf, dll. Sebaiknya bila keluhan ini sudah berlangsung lama, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf, agar bisa dicari penyebab pastinya. 

Jika Anda ingin mengkonsultasikan permasalahan ini lebih lanjut dengan dokter Spesialis Saraf, dapat melalui Telemedico- applikasi konsultasi dokter online.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan . Semoga bermanfaat

Like this post
Share to social media