Your browser does not support JavaScript!
Dokter & Expert  Menjawab
R
Rahayu
Siang dok, izin bertanya. dok saya baru pertama kalinya mengalami nyeri haid yg sangat parah sehingga badan saya lemas dan hampir pingsan , ketika saya bangun dari tempat tidur
juga rasanya pengen muntah/mual. Dan saat haid biasanya juga gak pernah parah sesakit haid ini, ya paling nyeri haid normal. Dan itupun setelah minum obat, rasa haid berlebihan tersebut langsung sembuh. Jadi apa penyebabnya dok sehingga nyeri haid yg berlebihan seperti ini?..
Terima kasih
Dianapurnamasari, Dr
Dianapurnamasari, Dr

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

Keluhan nyeri haid dikenal dengan nama dismenore. Normalnya pada saat proses menstruasi menimbulkan rasa nyeri karena adanya kontraksi dari dinding rahim yang berusaha meluruhkan dinding rahim yang menebal untuk persiapan kehamilan yang ternyata tidak terjadi. Nyeri perut yang anda rasakan dapat berasal dari proses menstruasi tersebut dan hal tersebut tergolong normal. Namun nyeri juga dapat berasal dari organ lain yang sebetulnya tidak berkaitan dengan proses menstruasi.Apabila nyeri yang anda rasakan berlangsung lama, nyeri sangat hebat sampai mengganggu aktivitas anda sehari-hari, timbul perdarahan yang berlebihan/ haid tidak teratur, terjadi keputihan abnormal, maka hal-hal ini dapat menjadi tanda adanya penyakit tertentu seperti endometriosis, myoma uteri, radang panggul, dll. Untuk memastikan penyebab pasti dari keluhan anda memang diperlukan pemeriksaan USG dan sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

Like this post
0
Share to social media