Your browser does not support JavaScript!
Dwi Septia
Dwi Septia
 20 May 2020  15:38 WIB  1 komentar
Halo dokter, selamat sore.

Beberapa minggu lalu saya periksa mata dan beli kacamata dari sales optik yang keliling di sekitar rumah. Saat periksa diketahui min saya kiri 0.75 dan kanan 1.5, namun si bapak sales ini menambahkan plus 0.5 pada mata kanan saya katanya sebagai pendingin. Pas ditanya katanya biar minusnya jadi 1 saja yang kanan dan biar gak terlalu pusing. Saya yang awam bingung dan percaya saja, apa ini menyalahi ketentuan? Karena saat sudah pakai kacamatanya beberapa minggu, pengelihatan saya jadi memburuk saat lepas kacamata. Tidak seperti sebelum saya pakai kacamata. Saat lihat objek berjarak yang biasanya cukup jelas sebelum pakai kacamata, malah jadi kabur jika saya lepas kacamata. Terima kasih dokter, saya tunggu jawabannya.
Tags : #mata minus
 21 May 2020  09:05 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Mata minus atau rabun jauh atau Miopia adalah berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Pada mata minus, kornea terlalu cembung sehingga cahaya yang masuk tidak jatuh fokus di retina, namun jauh di depannya. 

 

Beberapa gejala mata minus antara lain:

  • Sulit melihat sesuatu dari jarak jauh namun jelas saat melihat jarak dekat
  • Memicingkan mata saat melihat sesuatu
  • Kesulitan melihat saat mengendarai kendaraan dan harus menonton televisi dari jarak dekat agar terlihat jelas
  • Mata terasa tegang dan mudah lelah
  • Sering mengucek mata
  • Mata sering berkedip

 

Memaksakan diri melihat dengan kondisi mata minus dapat membuat mata menjadi tegang karena dipaksa untuk melihat suatu objek sehingga dapat menimbulkan sakit kepala. Komplikasi mata minus yang berat antara lain terlepasnya retina (ablasio retina). Koreksi mata miopia dapat dilakukan dengan memakai kaca mata dan lensa kontak berlensa minus/negatif. Bagi yang ingin koreksi mata secara permanen, dapat menjalani operasi seperti LASIK. Untuk mencegah penambahan minus, biasakan gaya hidup sehat bagi mata seperti: makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, mengistirahatkan mata secara berkala setiap melakukan kegiatan seperti membaca buku atau menggunakan komputer/ laptop. 

 

Kami sarankan anda sebaiknya ke dokter mata untuk memeriksakan kondisi mata anda secara langsung, memang sebaiknya anda memakai kacamata yang sesuai dengan kondisi minus anda saat ini. Mengabaikan kondisi miopia yang terus-menerus salah satunya dapat menyebabkan kondisi ablasio retina yaitu terlepasnya retina. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat