Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 21 Nov 2020  01:16 WIB  1 komentar
hi dok malam,saya mau bertanya,saya adalah remaja perempuan yang ingin menanyakan mengenai bagaimana si perawatan untuk vagina yg baik,bersih bagi remaja?
ke 2, apakah remaja boleh memakai sabun pembersih miss V (cnth:lactacyd/betadinedll) ?
terimakasih
 21 Nov 2020  11:15 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Beberapa cara merawat kesehatan vagina:

1. Gunakan Pakaian Dalam Berbahan Katun
Katun dapat membantu menjaga kelembaban vagina Anda dan menyerap keringat berlebih. Keadaan vagina yang terlalu lembab dapat meningkatkan pertumbuhan jamur pada daerah kemaluan dan memicu terjadinya keputihan.

 

2. Olahraga Secara Teratur

3. Hindari Berbagai Produk Pembersih Kewanitaan
Anda mungkin mengira bahwa Anda membutuhkan bantuan berbagai produk pembersih kewanitaan untuk membersihkan vagina Anda. Akan tetap berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan berbagai produk pembersih kewanitaan justru dapat meningkatkan resiko terjadinya berbagai infeksi vagina, penyakit radang panggul, dan penyakit menular seksual.

 

4. Perhatikan Penggunaan Antibiotika
Bahaya lainnya yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada vagina Anda adalah antibiotika. Antibiotika dapat membunuh sejumlah bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan vagina Anda. Jika Anda harus mengkonsumsi antibiotika karena menderita suatu infeksi tertentu, maka jangan lupa untuk mengkonsumsi yogurt untuk membantu meningkatkan jumlah bakteri baik pada vagina Anda.

 

5. Pilihlah Sabun Mandi Anda Dengan Hati-hati
Sabun mandi yang wangi mungkin baik bagi tubuh Anda, akan tetapi tidak demikian halnya bagi kesehatan daerah kemaluan Anda. Sabun dapat membuat daerah vagina Anda menjadi kering. Anda hanya perlu membersihkan vagina Anda dengan air hangat untuk menjaga kebersihannya. Akan tetapi, jika Anda merasa tidak nyaman jika tidak menggunakan sabun, maka pilihlah sabun yang lembut dan tidak mengandung wewangian apapun.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat