Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Amanda Carter
Amanda Carter
 04 May 2021  11:04 WIB  1 komentar
Halo dok, perkenalkan saya seorang wanita berusia 24 thn dengan kondisi badan yg menurut saya obesitas.
Beberapa hari ini saya merasakan sakit kuar biasa pada telapak kaki saya (kaki sebelah kiri). Rasanya semakin terasa ketika bangun tidur dan menginjakkan kaki ke lantai. Titik sakitnya berada di telapak kaki bagian depan. Ketika sudah dipakai beraktivitas lama lama sakitnya akan hilang, tp ketika lama tidak beraktivitas dan kembali berjalan sakitnya terasa lagi. Saya kira kesleo, tapi seingat saya saya tidak mengalami cedera apa apa. Kenapa ya dok kira kira? Apakah ini berkaitan dengan kondisi badan saya yg obesitas?
 05 May 2021  07:24 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Nyeri pada telapak kaki paling sering dirasakan saat bangun di pagi hari, dan perubahan dari posisi duduk ke berdiri. Penyebab umum nyeri telapak kaki adalah plantar fasciitis dimana Plantar fascia sebagai jaringan yang menghubungkan tulang tumit dengan telapak kaki mengalami kerusakan dan penebalan. Terlalu banyak tekanan pada kaki akan menimbulkan cedera atau robek pada jaringan tersebut. Penderita biasanya merasakan nyeri pada tumit, namun ada juga yang merasakan sakit di bagian tengah kaki. Terjadinya plantar fasciitis bisa disebabkan karena obesitas, cedera pada saat olahraga, profesi/pekerjaan yang mengharuskan berdiri dalam waktu lama, bentuk kaki yang terlalu rata atau terlalu melengkung, menggunakan sepatu dengan sol yang terlalu lunak dan tidak menopang telapak kaki dengan baik. 

 

Untuk sementara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi nyeri adalah istirahatkan telapak kaki yang nyeri dengan menghindari berjalan jauh, mengompres area yang sakit menggunakan es, mengusahakan berat badan ideal, hindari berjalan pada permukaan yang keras tanpa alas kaki, hindari olah raga yang dapat membuat telapak kaki cidera. Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda rasa sakit, seperti parasetamol atau ibuprofen, untuk meredakan nyeri. 

 

Apabila keluhan tidak kunjung membaik, untuk memastikan penyebab nyeri anda, kami sarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dokter perlu melakukan pemeriksaan fisik serta bila perlu pemeriksaan penunjang yang lain untuk melihat tanda infeksi atau peradangan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat