Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 15 Jan 2020  07:13 WIB  1 komentar
assalamualaikum dok ,saya mau nanya
beberapa hari lalu saya sakit telinga selama 3harian itu telinga saya sakit setelah itu saya coba bersihkan dan keluar kotoran hitam banyak setelah saya bersihkan keesok harinya keluar cairan kuning dan setelah itu sekarang keluar darah , itu kenapa ya dok ?
 15 Jan 2020  08:10 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Keluhan yang anda alami kemungkinan disebabkan karena peradangan pada telinga luar atau biasa disebut dengan otitis eksterna. Biasanya orang membersihkan telinga bagian luar menggunakan alat tertentu seperti cotton bud sehingga tak jarang infeksi bisa terjadi pada telinga bagian luar setelah membersihkan telinga karena terjadi luka atau trauma pada liang telinga. Otitis eksterna juga sering disebabkan karena infeksi bakteri, meskipun virus dan jamur juga dapat menyebabkan hal ini. Beberapa hal yang meningkatkan risiko terkena otitis eksterna adalah: kebiasaan mengkorek-korek telinga, berenang pada kolam yang airnya tidak bersih, kotoran telinga yang menumpuk, sempitnya liang telinga sehingga memudahkan air terjebak di dalamnya. 

 

Untuk mengetahui penyebab pasti dari gejala yang anda alami, sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis THT, dokter akan memeriksa dan mengevaluasi kondisi telinga anda. Apabila terjadi infeksi, umumnya penanganan berupa obat tetes telinga yang mengandung antibiotik dan anti peradangan. Beberapa hal yang bisa anda lakukan agar gejala tidak semakin parah:

  • Apabila sedang berenang atau mandi, hindari air masuk ke dalam liang telinga. Anda bisa menggunakan ear plug atau pelindung telinga.
  • Jangan mengorek kuping. 
  • Jangan memasukkan benda/alat/objek yang beresiko menyebabkan kulit liang telinga lecet sehingga terjadi luka

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat