Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 25 Jun 2014  15:00 WIB  2 komentar
Dokter, Saya mau menika di bulan Agustus, tapi. .pasangan saya ingin menunda kehamilan dan menyarankan menggunakan Kontrasepsi, apakah bagus dokter menggunakan kontrasepsi sebelum mempunyai anak, jika baik menggunakan kontrasepsi pil atau suntik, Terima Kasih
 25 Jun 2014  16:04 WIB

Kontrasepsi merupakan suatu cara untuk mencegah pembuahan supaya tidak terjadi kehamilan. Ada banyak sekali jenis kontrasepsi, baik alami, hormonal maupun kontrasepsi mantap.

Sebagai pasangan yang baru menikah tentu Anda tidak disarankan untuk melakukan kontrasepsi mantap seperti vasektomi (pemotongan/pengikatan saluran sperma) atau tubektomi (pemotongan/pengikatan saluran indung telur) karena ini akan menghilangkan kesempatan Anda untuk memiliki anak.

Yang bisa Anda pilih adalah kontrasepsi alami atau hormonal. Cara alami misalnya dengan pantang berkala (metode kalender) atau senggama terputus (ejakulasi dilakukan di luar vagina). Tetapi cara ini sangat tidak efektif dan memiliki tingkat kegagalan yang tinggi. Kb non hormonal yang bisa Anda gunakan misalnya saja kondom. Ini adalah metode paling aman yang bisa Anda gunakan sebagai pasangan yang baru menikah dan ingin menunda memiliki anak, karena metode ini bersifat mekanis dan tidak melibatkan hormonal.

Pilihan lain adalah kb hormonal. Macam kb hormonal adalah pil kb, suntik kb dan implan. Tetapi karena kerja dari alat kontrasepsi ini mengganggu sistem hormonal dan Anda juga masih belum mempunyai anak maka dikhawatirkan bisa mengganggu sistem hormonal Anda. tetapi sebagai kontrasepsi, alat KB ini
juga efektif karena angka kegagalannya hanya sebesar 1-2 persen.

Pilihan tetap kembali kepada Anda, dan jika Anda masih ragu dan bingung sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter atau bidan mengenai alat kontrasepsi yang paling sesuai dengan Anda.

 25 Jun 2014  15:33 WIB

Lalu saya hus memilih kontrasepsi yang seperti apa, agar tidak membahayakan d lain waktu