Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 26 Mar 2020  08:53 WIB  1 komentar
Sebelumnya saya melakukan hubungan intim pada tanggal 16januari tapi kenapa saat 10ferburary saya cek kandungan saya sudah 6w2d?
 26 Mar 2020  09:23 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Untuk menghitung usia kehamilan seseorang, metode yang banyak digunakan saat ini adalah dengan berpatokan kepada tanggal menstruasi terakhir. Hari pertama haid terakhir dianggap sebagai hari pertama kehamilan seseorang. Mula-mula, tentukan tanggal hari pertama menstruasi terakhir kemudian tambahkan 40 minggu dari tanggal tersebut untuk menentukan perkiraan hari persalinan. Hal ini didasari kepada asumsi bahwa kehamilan biasanya dijalani selama 9 bulan alias 40 minggu atau 280 hari. 

 

Cara lain untuk memperkirakan usia kehamilan anda adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG yang tingkat akurasinya dapat mencapai 95%. Cara ini memperkirakan tanggal kelahiran berdasarkan pertumbuhan janin di dalam kandungan.  Pemeriksaan ini biasanya dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. Perkiraan kelahiran ini akan lebih akurat pada pemeriksaan USG di trimester kedua dan ketiga karena ukuran janin sudah lebih besar sehingga lebih mudah untuk melakukan pengukuran dan gambar janin terlihat lebih jelas di layar monitor.

 

Dua metode diatas hanyalah cara untuk memperkirakan usia kehamilan dan taksiran persalinan, dimana kadang kala bisa maju atau mundur, tergantung kondisi ibu dan janin.  Taksiran persalinan hanya digunakan untuk memperkirakan dan menandakan usia kehamilan sudah cukup.  Yang perlu anda lakukan adalah terus kontrol rutin ke dokter kandungan agar dokter dapat memantau kondisi janin anda. 

 

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat