Your browser does not support JavaScript!
Cherry Blossom
Cherry Blossom
 22 Mar 2020  13:02 WIB  1 komentar
Tenggorokan saya sakit seperti berdahak namun kadang kering, sudah sekitar 3 hari. Seminggu sebelumnya saya puasa dan pas buka saya selalu minum yang manis2 dan pakai es, apakah ini penyebabnya? Ini termasuk penyakit apa dok?
 23 Mar 2020  16:54 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Radang tenggorokan dapat terjadi karena infeksi (virus atau bakteri) ataupun non-infeksi (seperti iritasi ataupun alergi). Biasanya nyeri tenggorokan dapat sembuh dalam waktu 3-4 hari tanpa obat-obatan. Gejala - gejala lain yang menyertai antara lain: sakit kepala, pembesaran kelenjar pada leher, nyeri otot, batuk, sakit pada saat menelan, dll. Jika penyebabnya bakteri, maka selain obat-obatan penghilang gejala, diperlukan juga antibiotik. Namun, penggunaan antibiotik ini sebaiknya tidak sembarangan karena dapat berakibat kekebalan bakteri terhadap antibiotik tersebut.  Untuk mengatasi radang tenggorokan, dapat juga menggunakan obat golongan steroid, namun penggunaan obat steroid ini juga tidak boleh sembarangan karena mempunyai berbagai efek samping. Beberapa hal yang dapat anda lakukan sementara di rumah:

  • Perbanyak konsumsi minuman hangat dan makanan yang lunak
  • Berkumurlah dengan air garam atau obat kumur antiseptik
  • Hindari makanan yang terlalu panas atau dingin karena dapat menyebabkan iritasi
  • Jika disertai demam, minumlah paracetamol sesuai dosis pada kemasan

Jika sudah melakukan hal-hal diatas namun keluhan belum juga membaik, segeralah kunjungi Dokter Spesialis THT agar dilakukan penanganan lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat