Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 11 Jan 2021  09:56 WIB  1 komentar
pagi dok. saya mau nanya, ceritanyakan saya tuh siklus haidnya tidak teratur tahun ini saya mau 17 taun yg paling lama saya g haid kira-kira 3 bulan trs bulan berukutnya baru dapat yang paling sering itu 2 bulan. trus bulan kemarin itu sy haid tp cuma coklat-coklat gitu dok g keluar darahnya itu kira-kira lebih dari 15 hari dari tgl 18 desember - 3 januari trs tiba-tiba 3 hari yang lalu saya mens lagi dok tp yang ini keluar darahnya kira-kira itu knp ya dok?apa itu penyakit?
 12 Jan 2021  10:05 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsltasi dengan layanan dokter.id

 

Siklus menstruasi yang normal biasanya antara 21-35 hari dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid di bulan selanjutnya. Dalam tiap bulan, walaupun tanggal haid tidak selalu sama namun jika masih dalam kisaran waktu tersebut, anda tidak perlu khawatir. Tapi jika siklus menstruasi anda melebihi 35 hari, maka dinamakan metrorhagia yaitu siklus menstruasi memanjang (telat datang bulan). Penyebab telat datang bulan bisa bermacam-macam, antara lain :

  • Kehamilan
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Gangguan berat badan
  • Stress / gangguan psikologis
  • Pengaruh dari penyakit tertentu seperti kista, miom, sindrom polikistik, gangguan tiroid, dll

Haid yang tidak teratur bisa merupakan kondisi yang normal bila terjadi masa2 awal mendapat menstruasi atau ketika seorang wanita memasuki periode menopause. Perempuan umumnya mulai menstruasi pada usia 10-15 tahun. Biasanya saat baru pertama kali menstruasi, hormon perlu beradaptasi sehingga haid menjadi tidak teratur. Kondisi ini bisa berlangsung selama dua tahun. Hal tersebut juga dapat terjadi ketika memasuki masa menopause pada kisaran usia 45-55 tahun. Bila keluhan telat haid sudah berlangsung lama, sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk diketahui penyebabnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat