Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 27 Jun 2020  05:42 WIB  1 komentar
Halo dok..

Saya mau tanya. Saya sedang program hamil. Siklus awal haid saya tanggal 20. Tetapi bulan mei kemarin saya haid tanggal 24.
Lalu ditanggal 19 juni kemarin perut saya kram bawah perut seperti mau haid sampai sekarang. Ini adalah kram haid terlama buat saya.Tapi kondisi saat itu juga saya berkali" keputihan. Warnanya lebih putih dan kental tidak seperti biasanya. Dan jumlahnya sedikit banyak. Dan pada saat itu saya juga merasakan seperti ingin makan sesuatu, seperti orang ngidam. Dan mual jika ada bau" seperti parfum. Atau ketika akan makan. Padahal biasanya tidak pernah. Lalu saya disuruh saudara untuk test. Mungkin saja hamil katanya. Tapi hasilnya negatif. Dan ditanggal 25 saya dan suami berhubungan intim, dimana saat itu saya masih kram perut bagian bawah. (Maaf) ketika suami memasukkan lebih dalam, itu mengenai perut yang sakit. Suami juga keluar didalam 2 kali. Lalu ternyata tanggal 26 kemarin saya haid..
Kira" apakah saya memang sebelumnya dimasa pembuahan dok? Atau saya hanya memasuki masa akan haid saja? Lalu apakah setelah haid selesai bisa hamil? Tolong penjelasannya dok..
 27 Jun 2020  08:31 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Siklus haid yang normal adalah 21-35 hari dengan durasi 5-7 hari, dan jumlah perdarahan 20-60 cc/hari.  Siklus menstruasi dapat berbeda pada tiap orang, serta dapat maju maupun mundur. Jika siklus menstruasi anda masih dalam kisaran waktu diatas, maka masih termasuk normal.  Faktor lain, seperti stres dan gangguan hormonal dapat membuat mensturasi datang terlambat. Kram perut yang dialami bisa disebabkan karena gejala PMS (pre menstrual syndrome), infeksi saluran kemih, dll. Proses menstruasi sendiri terjadi saat sel telur tidak dibuahi oleh sperma. Jika terjadi pembuahan atau dengan kata lain terjadi kehamilan, maka lapisan darah akan dipertahankan guna mendukung pertumbuhan janin, sehingga tidak terjadi menstruasi. Jika keluhan nyeri perut anda masih terus berlangsung sebaiknya langsung berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan ya..

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat