Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 10 Dec 2019  10:12 WIB  1 komentar
selamat siang dok
saya punya riwayat keguguran karena BO di 6w setahun lalu,
skrg saya sudah telat 2hari yg hpht saya 8nov
sudah tp hasil positif
dari tgl 6-9 perut kram dan nyeri payudara.
dan sekarang tgl 10 tiba2 kram perut dan nyeri payudara tiba2 hilang.
saya juga tidak mual mual.
itu kenapa ya ?
Tags : #Hamil
 10 Dec 2019  10:51 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Tes kehamilan atau testpack merupakan alat Pendeteksi kehamilan yang mudah dan sederhana. Hasil yang menunjukkan positif biasanya memang merupakan tanda kemungkinan hamil. Akan tetapi tanda pasti hamil hanya diperoleh melalui pemeriksaan USG, dengan demikian hasil USG lah yang menjadi patokan apakah seorang wanita hamil atau tidaknya. 

 

Kram pada kehamilan umumnya tidak berbahaya. Hal tersebut dikarenakan perubahan hormonal yang mengakibatkan perenggangan dari tulang, otot, dan struktur lainnya untuk menyesuaikan terhadap adanya janin yang terus berkembang. Pada kehamilan yang lebih besar, kram perut bagian bawah juga dapat terjadi karena desakan janin. Rasa tidak nyaman di perut juga dapat diakibatkan oleh penumpukan gas di dalam perut akibat hormon progesteron yang menyebabkan pencernaan ibu hamil menjadi lebih lambat. Yang perlu anda lakukan justru perbanyak istirahat, hindari melakukan gerakan yang tiba-tiba ketika kram melanda, minum cukup air untuk menghindari kekurangan cairan, rutin melakukan senam hamil yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan juga meregangkan otot-otot sekitar panggul.

 

Kondisi yang perlu anda waspadai adalah bila kram/nyeri terus-menerus dan semakin memberat, disertai keluar cairan atau perdarahan dari vagina, disertai mual, muntah ataupun demam. Jika terjadi hal demikian, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat