Your browser does not support JavaScript!
Dokter & Expert  Menjawab
A
Arif
Selamat pagi dok, saya berumur 21th. dok, saya mau bertanya saya kan sering onani, tetapi kadang-kadang juga tidak, Dua hari lalu saya melakukan onani dok, setelah itu saya baca-baca artikel tentang bahaya onani dan salah satunya disfungsi ereksi dok. nah, setelah itu saya ketakutan dok, cemas bagaimana kalau saya tidak bisa lagi ereksi. Saya kemudian mencoba merangsang penis saya, ternyata bisa ereksi tapi cukup lama merangsangnya dok. biasanya kalau dirangsang lagi setelah onani masih bisa ereksi dan tidak butuh waktu lama. sejak itu sampai minggu pagi saya cemas dok, paginya ketika bangun biasanya saya morning ereksi , namun hari selanjutnya di pagi hari saya merasakan penis saya mengembang tapi tidak keras dok. biasanya keras kalau pagi. sampai senin pagi ini penis saya mengkirut dan dingin saya juga tidak asa gairah seks . 1. bagaimana dok, apa saya mengalamai disfungsi ereksi? 2. apakah saya bisa ereksi normal kembali dan bagaimana cara alaminya ? 3. Kira berapa hari pemulihannha dok ?
Dianapurnamasari, Dr
Dianapurnamasari, Dr

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

Pada dasarnya, onani/masturbasi termasuk aktivitas yang normal. Namun, jika terlalu sering dilakukan, onani dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik, mental, dan sosial seperti: Penurunan libido dan disfungsi seksual , penis bengkak (edema), infeksi menular seksual, sering melakukan onani sendiri dapat membuat seseorang kurang dapat menikmati hubungan intim dengan pasangan, gangguan psikologis (merasa bersalah, malu jika ketahuan orang lain, ketergantungan), dll.

Jika Anda mengalami masalah kecanduan onani, Anda dapat mencoba beberapa hal berikut:

  • Alihkan hasrat seksual anda dengan melakukan aktifitas lain yang bermanfaat, misalnya olahraga, bersosialisasi, beribadah, makan
  • Hindari segala hal yang berbau pornografi (dvd, poster)

Setiap kondisi yang mempengaruhi kesehatan juga mampu mempengaruhi kesehatan seksual anda. Pria dengan kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, depresi-kecemasan, dan obat yang digunakan untuk mengobati kondisi tersebut dapat mempengaruhi hormon seksual, sehingga mempengaruhi kemampuan seseorang untuk terangsang secara seksual. Jaga stamina anda dengan asupan nutrisi yang tepat, berolahraga secara rutin.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

Like this post
Share to social media