Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 06 Apr 2021  14:04 WIB  1 komentar
Dok,kalau mau berhubungan dengan istri, pas foreplay mr p saya bisa tegang,tetapi setelah penetrasi jadi lemes dan juga cepat ejakulasi. Bagimana penanganannya dok?
 07 Apr 2021  10:51 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Apakah yang anda maksud adalah anda ejakulasi sesaat setelah penis masuk ke dalam vagina, setelah beberapa saat bergesekan, atau bahkan saat baru saja bersentuhan/belum menyentuh alat kelamin wanita? 

Ejakulasi dini perlu dibedakan menjadi 2 yaitu:

- Primer, yaitu sejak pertama kali melakukan hubungan intim, ejakulasi selalu atau hampir selalu terjadi kurang dari satu menit setelah penetrasi vagina.

- Sekunder, ejakulasi dini terjadi padahal sebelumnya normal. Orang yang sebelumnya normal pun dapat mengalami ejakulasi lebih singkat, yaitu kurang dari tiga menit setelah penetrasi vagina. Hal ini lebih sering terjadi.

 

Mayoritas pria mengalami ejakulasi setelah sekitar lima menit sejak hubungan seks dimulai. Waktu yang diperlukan hingga terjadinya ejakulasi bervariasi pada setiap pria. Tidak ada batasan waktu mengenai lamanya waktu yang dibutuhkan seseorang untuk ejakulasi selama anda dan pasangan merasa waktu tersebut cukup untuk memberikan kepuasan dalam berhubungan seksual. Ada pria yang ejakulasi dalam waktu 1 menit, namun tidak merasa terganggu karena pasangannya tetap terpuaskan. Sedangkan ada pria lain yang ejakulasi dalam 10 menit namun tetap merasa mengalami ejakulasi dini karena tidak mampu memuaskan pasangannya. Ketidakmampuan untuk mengendalikan saat ejakulasi ini dapat menyebabkan pasangan merasa tidak puas, terganggu, hingga tertekan. 

 

Beberapa penyebab ejakulasi dini antara lain:

  1. Faktor psikologis adalah yang paling sering menjadi penyebab terjandinya ejakulasi dini. Hal ini dapat berupa perasaan bersalah, stress, kecemasan, disfungsi ereksi, pengalaman trauma sebelumnya
  2. Gangguan kesehatan, misal: gangguan pada kelenjar prostat, kelenjar getah bening di sekitar area kemaluan
  3. Penggunaan obat-obatan

 

Beberapa teknik untuk mengatasi ejakulasi dini antara lain :

- Teknik meremas dan berhenti. Apabila saat berhubungan terjadi keinginan untuk ejakulasi, anda dapat berhenti dan meremas kepala penis ataupun menarik penis keluar dari pasangan. Menarik napas dalam untuk meredam refleks ejakulasi sampai keinginan ejakulasi hilang baru kemudian dilanjutkan sampai ejakulasi terjadi

- Gunakan kondom yang lebih tebal untuk mengurangi sensitivitas penis dan menunda ejakulasi.

- Alihkan perhatian dan pikiran anda untuk memikirkan hal lain ketika anda mulai merasa akan mengalami ejakulasi

 

Penanganan ejakulasi dini akan disesuaikan dengan penyebabnya. Kami sarankan anda berkonsultasi ke dokter spesialis andrologi untuk mengidentifikasi penyebabnya dan mendapatkan tatalaksana yang sesuai. Dokter juga mungkin akan menyarankan ke psikolog apabila terdapat masalah dalam hubungan yang menyebabkan gangguan ejakulasi tersebut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat