Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 16 Oct 2020  11:42 WIB  1 komentar
Saya mau tanya, kenapa yah Dok sudah 2 minggu ini saya diare terus
awalny memang gara2 makan pedas sampe dehidrasi
sekarang2 setelah makan apapun biasnaya efeknya 1-2 jam langsung sakit perut dan diare.
Moho indonya. Tks
 16 Oct 2020  19:37 WIB

Selamat Malam

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Diare ditandai dengan perubahan feses menjadi lebih cair, dan terjadi >tiga kali sehari, dengan/tanpa darah dan/atau lendir. Penyebabnya bisa karena bakteri ataupun virus. 

 

Jika parah, diare bisa menyebabkan dehidrasi. Kebanyakan penderita diare sembuh setelah beberapa hari tanpa melakukan pengobatan. Pada orang-orang dewasa, diare biasanya sembuh setelah 2-4 hari. Hal terpenting untuk mengatasi diare adalah meningkatkan asupan cairan. Berikan banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Sebaiknya menghindari jus buah dan minuman bersoda karena dapat memperparah kondisi diare. Porsi makan jangan terlalu besar dan hindari makanan yang terlalu berat, pedas, atau berlemak. Beberapa obat antidiare yang mampu mengurangi gejala dan dapat mempersingkat lamanya diare salah satunya adalah loperamide. Loperamide mampu menjadikan kotoran lebih padat dan mengurangi frekuensi buang air besar. Selain itu dapat diberikan attapulgit yang mempunyai mekanisme sebagai absorbent, yaitu dengan cara menyerap racun yang dihasilkan oleh bakteri, virus atau parasit penyebab diare. Penderita diare disarankan untuk tidak mengonsumsi antibiotik jika penyebabnya belum diketahui. Antibiotik diberikan jika penyebab diare telah dipastikan karena bakteri atau jika gejala diare yang terjadi sangat parah. 

 

Diare kronis, disisi lain, mungkin terjadi pada tingkatan yang lebih ringan, namun berlangsung lebih dari 14 hari. Beberapa penyebab diare kronis meliputi :

  • alergi terhadap substansi makanan tertentu
  • intoleransi laktosa
  • gangguan tiroid
  • gangguan sistem kekebalan tubuh
  • penyakit Crohn 
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • psikis
  • tumor

 

Mengingat keluhan ini sudah cukup lama, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan menganalisis gejala yang anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti USG, tes darah, tes feses. Terapi diberikan setelah mengetahui penyebabnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat