Your browser does not support JavaScript!
Dokter & Expert  Menjawab
Endi Endi
Endi Endi
Halo, saya adalah pria gay 41tahun. Setahun terakhir ini saya aktif berhubungan oral seks dengan seorang pria dan saya beberapa kali menelan air maninya. Pria ini kadang mengalami luka pada sendi-sendi jari tangannya tiap kali menyentuh bawang putih. Kata dokternya, dia memang alergi.

Sekitar Juli 2020, mendadak satu jariku mengalami penebalan kulit pada sendi jariku. Hanya beberapa jari saja. Jika ditekuk, bagian itu terasa perih. Penebalan kulit juga terjadi pada prepuce. Tiap kali saya bermasturbasi, terasa perih karena kulit yg mengalami penebalan tertarik2. Tapi saya tidak mengalami pendarahan. Hanya perih dan luka terkelupas. Gejala itu bertahan selama 2 minggguan. Saya pergi ke dokter kulit, diberi salep. Hingga kini tidak kambuh.

Desember 2020, pria mengaku kena sifilis. Saya parno. Saya merasa saya sudah terkena sifilis karena saya mengalami gejala "alergi" yg sama meski ringan dan hanya sekali saja. Karena pandemi covid, saya juga parno pergi ke lab atau dokter karena pria ini justru kena covid tak lama setelah menerima hasil tes sifilis.

Minggu lalu, saya coba mengobati diri saya sendiri dengan antibiotik Tetracycline. Katanya ampuh buat sifilis dengan dosis 500mg (4x sehari). Tapi mulai hari ke4, saya mual. Hari ke6 ini, saya hampir muntah. Rasanya saya gak sanggup lagi.... Mau stop, takut juga. Kalo saya beneran kena sifilis, nanti bakterinya makin resistant...

Adakah obat oral lain yg bisa saya minum tanpa efek samping seperti itu????
Dianapurnamasari, Dr., Sp.pa
Dianapurnamasari, Dr., Sp.pa

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

Sebelumnya harus dipastikan dulu apa benar anda mengalami sifilis, dan tidak bisa ,meminum obat sembarangan. Beberapa gejala sifilis tergantung dari apakah termasuk gejala primer, sekunder, laten dan tersier tergantung pada tahapannya. Sebaiknya Anda periksakan lebih lanjut ke dokter terdekat atau dokter spesialis kulit. Pemeriksaan secara langsung diperlukan untuk mengevaluasi gejala yang Anda alami sehingga penanganan secara tepat dapat diberikan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat