Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 23 Jun 2020  00:13 WIB  1 komentar
Dok,saya sudah hampir 10 tahun menikah tapi belum juga mendapatkan anak, saya ingin sekali menimang bayi tapi belum juga ada dok,tolong berikan solusinya nya untuk saya
 23 Jun 2020  07:52 WIB

Selamat Sore

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Mempunyai momongan adalah suatu hal yang sangat didambakan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Namun kehamilan itu sendiri sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mempercepat kehamilan antara lain:

  • Teratur berhubungan seks di sekitar masa subur Anda. Untuk mengetahui kapan masa subur, Anda perlu mengetahui rata-rata siklus haid Anda berdasarkan 3-6 siklus haid terakhir. Bila siklus menstruasi Anda berlangsung teratur selama 27-28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi adalah perkiraan Hari Pertama Haid Berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Peluang sperma dalam membuahi sel telur adalah sekitar 4-5 hari selama masa sebelum ovulasi atau pada hari ovulasi itu sendiri. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda melakukan hubungan seksual pada masa subur.
  • Konsumsi asam folat. Asam folat merupakan zat penting bagi perkembangan janin. Sebaiknya mengkonsumsi asam folat selama masa perencanaan kehamilan dan tiga bulan awal kehamilan sebanyak 400 mikrogram/hari untuk mengurangi risiko gangguan perkembangan otak janin.  Makanan yang mengandung asam folat dapat mencegah bayi lahir cacat seperti spina bifida, atau kelahiran prematur.  Asam folat dapat ditemukan pada makanan seperti kacang merah, bayam, sawi, selada, brokoli, wortel, kacang polong, jagung, kacang kedelai, buncis, alpukat, dan stroberi. Apabila anda alergi asam folat, anda dapat menggantinya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Tapi anda sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu ke dokter yang sedang merawat anda.
  • Hindari stres psikologis, kecemasan, dan depresi yang dapat mempengaruhi hormon-hormon yang mengatur kesuburan.
  • Melakukan pola hidup sehat, makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin yang sesuai dengan kebutuhan, istirahat cukup, dan berolahraga teratur.
  • Hentikan kebiasaan tertentu seperti merokok, minum alkohol atau minuman berkafein

 

Apabila anda dan pasangan telah mencoba mendapatkan keturunan dengan menjalankan beberapa hal di atas dan belum juga hamil, maka perlu dicari penyebab yang mendasarinya baik dari pihak istri maupun suami. Kami sarankan sebaiknya anda dan suami berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat