Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 14 Jan 2021  06:47 WIB  1 komentar
Maaf dokter saya mau tanya,apakah yang menyebabkan bau menyengat di celana dalam (bagian Miss v) tapi tidak ada bekas cairan???apakah berbahaya???
Terima kasih bantunya Dokter
 14 Jan 2021  09:49 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Vagina memiliki bau khusus yang dapat berbeda-beda sepanjang 1 siklus haid. Vagina berbau disertai keputihan dapat disebabkan beberapa hal antara lain: infeksi bakteri yang biasanya berbau amis disertai keputihan, infeksi parasit, kebersihan vagina kurang baik, tumor, dll. Untuk bisa mengatasinya harus diketahui dulu penyebab vagina bau.

 

Cobalah untuk sering mengganti celana dalam, hindari menggunakan celana ketat dan terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat, hindari penggunaan produk pembersih kemaluan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri, bila hendak membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang, hindari pemakaian pantyliners jika tidak sedang haid. Selain itu diperlukan pengobatan dengan antijamur/antibiotik/antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Apabila dengan cara tersebut vagina masi berbau, kami sarankan anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapat diagnosis dan terapi yang optimal. Dengan begitu, dokter dapat melakukan beberapa pemeriksaan, termasuk tes urin atau apus lendir vagina untuk kemudian diperiksa dilaboratorium. Jika diagnosis sudah ditegakkan, barulah penanganan bisa dilakukan tepat sasaran.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.