Your browser does not support JavaScript!
Dokter & Expert  Menjawab
A
Adila
pagi dok saya mau tanyak dok tentang kulit wajah saya yang sering berjerawat dan juga berbekas dok lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bekasnya serta rekomendasi obat yang bagu dok
Dianapurnamasari, Dr
Dianapurnamasari, Dr

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

Beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya jerawat, di antaranya:

- Hormonal

- Stres

- Keturunan dari orang tua

- Efek samping penggunaan kosmetik

- Efek samping obat-obatan

- Masa pubertas

- Kelenjar minyak yang terlalu aktif

Pengobatan jerawat kadang-kadang memerlukan waktu berbulan-bulan, semuanya tergantung dari tingkat keparahan jerawat yang dialami. Sebagian besar obat-obatan jerawat belum memberikan hasil dalam 4-6 minggu pertama. Beberapa hal/saran yang berguna bagi anda yang berjerawat:

- Cucilah muka dengan sabun muka khusus untuk jerawat setidaknya 2 kali sehari

- Pilihlah sunblock dan produk perawatan kulit lainnya yang berlabel non-comedogenic

Gunakan krim malam yang mengandung retinoic acid , yang berfungsi mengobati komedo dan jerawat, mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. (Namun sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk pengaturan dosis).

-  Untuk jerawat ringan yang berupa bintik-bintik, komedo putih, dan komedo hitam, anda bisa mengobati sendiri menggunakan krim atau gel yang mengandung benzoil peroksida. Benzoil peroksida mampu mencegah kulit mati yang menyumbat folikel rambut dan membunuh bakteri

- Atur rambut agar tidak mengenai wajah dan keramas rambut secara rutin agar selalu bersih

- Jangan mencoba menekan komedo/jerawat karena justru akan memperparah dan meninggalkan bekas luka

Untuk mengetahui jenis pasti kulit anda sebaiknya anda langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk diperiksa secara langsung. Jika jerawat anda yang berupa papula dan pustula dalam jumlah banyak, tumbuh jerawat yang berukuran besar dan meradang dan jerawat tidak berkurang/ tidak kunjung sembuh walau sudah diobati sendiri, segera berkonsultasilah ke dokter spesialis kulit, karena mungkin diperlukan suntikan kortikosteroid. Namun semua terapi ini harus atas indikasi dan berada di bawah pengawasan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

Like this post
Share to social media