Your browser does not support JavaScript!
Dokter & Expert  Menjawab
P
Pramitha Nisya
Setelah saya menstruasi,muncul ruam dan bintil2 di daerah bokong & vagina saya. Awalnya saya kira itu hanya pengaruh saya mens,lembab dan pembalut yg saya pakai. Namun setelah saya lihat ko mirip sama herpes. Saya search di google makin takut. Apakah itu herpes? Tapi saya blm pernah hubungan seks sama sekali. Bebrapa bulan lali mama saya ada bintik2 seperti kutu air di tangan apa itu penyebabnya?
Dianapurnamasari, Dr
Dianapurnamasari, Dr

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

Berdasarkan keluhan yang anda sebutkan, kemungkinan anda mengalami infeksi jamur. Pantat, selangkangan dan kemaluan adalah bagian tubuh yang mudah lembab karena merupakan area yang terlipat. Faktor yang mempengaruhi kelembaban di daerah tersebut adalah aktifitas fisik, sering berkeringat, berat badan, suhu lingkungan, dan pakaian/celana dalam yang tidak menyerap keringat. Kulit yang lembab dapat menjadi tempat pertumbuhan kuman dan jamur. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal, berbau, lembab, kulit mudah iritasi/kemerahan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi jamur:

-gantilah pakaian dalam sesering mungkin terutama pada waktu banyak keringat dan setiap kali mandi

-gunakan pakaian dalam dari bahan yang tipis dan mudah menyerap keringat

-hindari penggunaan celana ketat.

-mandi teratur dua kali sehari

-tidak menggunakan handuk/celana bergantian dengan orang lain.

-obat antijamur, dapat berupa salep atau obat minum. Namun penggunaan obat-obatan ini harus sesuai dosis, indikasi dan di bawah pengawasan dokter.

Namun untuk memastikan dengan benar sebenarnya keluhan apa yang anda derita, kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk melakukan pemeriksaan secara langsung guna mendapatkan diagnosis dan mendapat terapi yang optimal.

Jika Anda ingin mengkonsultasikan permasalahan ini lebih lanjut dengan dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dapat melalui Telemedico- applikasi konsultasi dokter online

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

Like this post
Share to social media