Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 22 Jun 2020  13:34 WIB  1 komentar
Halo Dok saya mau tanya terkadang badan saya ada bentol bentol besar trs gatel merah kadang di muka di mata dan kadang di tangan atau di kaki ,,,, dan kebetulan 3 bulan lalu saya pernah memalukan operasi pengangkatan tumor jinak di leher saya apa kah itu ada sangkut pautnya dengan setelah operasi saya
 23 Jun 2020  07:49 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Bentol yang muncul di tubuh anda yang menyerupai bilur berwarna merah dapat merupakan suatu biduran/ urtikaria, yaitu suatu reaksi hipersensitivitas (alergi) kulit. Untuk kelainan pada kulit, sebaiknya dokter melihat secara langsung kelainan kulit yang terjadi untuk dapat mendiagnosis dengan benar. Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bentol berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Salah satu penyebab umum biduran adalah alergi. Selain gatal, ruam pada kasus biduran juga bisa terasa perih atau menyengat. Ruam ini dapat muncul di seluruh bagian tubuh dan bisa berlangsung selama beberapa jam atau hari. Jika biduran sudah berlangsung selama berhari-hari atau melebihi enam minggu, berarti dapat dipastikan bahwa penyebabnya bukan alergi.

 

Beberapa penyebab terjadinya biduran:

  • Paparan udara panas atau dingin.
  • Makanan
  • Kontak dengan pemicu atau penyebab alergi (misalnya gigitan serangga).
  • Obat-obatan tertentu (misalnya antibiotik, dll)
  • Bahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)
  • Faktor keturunan

 

Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Jika anda sudah mengetahui penyebab alergi anda, kami sarankan anda menghindari pencetus alergi misal: jika penyebabnya karena udara dingin maka anda perlu menggunakan baju hangat bila di daerah yang dingin. Biduran atau urtikaria umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus. Gejala ini biasanya akan menghilang dalam beberapa hari. Jika terasa sangat mengganggu, anda dapat mengkonsumsi antihistamin untuk mengatasi rasa gatalnya. Kami sarankan jika keluhan semakin mengganggu segera berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan dapat diterapi dengan tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat