Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Lintang Kirana
Lintang Kirana
 07 Jun 2021  07:00 WIB  1 komentar
Cara mengobati cacingan
Dok saya memiliki tubuh yg kurus bahkan sangat kurus, BB 45 dan TB 160. Padahal saya makan 4 kali sehari dengan porsi banyak dan sering makan camilan. Tidak peduli sebanyak apapun dan berapapun saya makan sampai kekenyangan. Berat badan saya tetap 45-46. Pernah saya sangat senang karna pada bulan April 2021, BB saya bisa mencapai 48. Namun tidak butuh waktu lama, 2 hari setelahnya BB menurun kembali 2 kg. Hanya karna saat itu saya puasa. Saya juga mudah kelelahan dan pernah mengalami gatal cukup sering di area anus. Saya masih berpikir positif kalau gatal ini disebabkan karena rambut yg tumbuh disekitar anus (padahal tidak panjang juga), dan mudah kelelahan saya akibat kurang darah. Sampai akhirnya saya membaca artikel bahwa gejala cacingan juga ditandai dengan gatalnya anus. Apakah benar saya mengidap cacingan ? Apakah benar ini tanda tanda cacingan ? Bagaimana cara memeriksakan dan memastikan apakah benar ini karna cacingan ?

Saya sudah sangat lelah , untuk menjaga semua tetap stabil. Impian saya memiliki BB ideal. Yah minimal bisa mencapai BB 50kg saya sudah senang bukan kepalang.
 07 Jun 2021  07:46 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan antara lain:

1. Kegiatan Fisik 

Olahraga atau pekerjaan berat dapat mempengaruhi berat badan karna banyaknya kalori yang dibakar saat melakukan kegiatan fisik tersebut

2. Faktor Keturunan/ Genetik

Jika orang tua dan keluarga anda mayoritas berpostur kurus, kemungkinan anda memiliki faktor keturunan berbadan kurus. Beberapa orang sejak lahir memiliki matabolisme lebih tinggi dari biasanya sehingga hal itulah yang menyebabkan seseorang berbadan kurus. Bagaimanakah postur tubuh anggota keluarga anda pada umumnya?

3. Kondisi Medis Tertentu

Adanya gangguan pada kelenjar tiroid, gangguan pencernaan, diabetes, hingga kanker dapat mengakibatkan badan kurus. Diet yang terlalu ekstrim juga bisa menjadi penyebab badan kurus

4. Obat-obatan tertentu

Ada jenis obat-obatan tertentu yang bisa menyebabkan mual dan penurunan berat badan.

5. Masalah psikologis

Stres, depresi dan masalah emosional bisa mempengaruhi kebiasaan dan nafsu makan seseorang

 

Beberapa hal yang bisa dicoba untuk menambah berat badan anda:

  • Atur porsi makan anda dengan gizi seimbang yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.
  • Jangan lupa memilih makanan yang bernutrisi, seperti roti, nasi, umbi-umbian, daging, ikan, atau telur yang berprotein tinggi, juga nasi merah yang berkarbohidrat tinggi. 
  • Olahragalah secara teratur dapat memicu rasa lapar, meningkatkan metabolisme dan nafsu makan, dan meningkatkan berat badan dengan sehat. Disarankan memilih olahraga yang membangun kekuatan dan massa otot seperti yoga karena dapat membangun otot-otot dan membantu kenaikan berat badan.
  • Istirahat yang cukup agar energi tidak banyak terbuang percuma
  • Anda sebaiknya minum 6 - 8 gelas air per hari. Hindari untuk minum sebelum makan yang dapat menimbulkan rasa kenyang.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa berkonsultasi pada dokter dan ahli gizi mengenai kondisi anda sehingga anda dapat memiliki asupan nutrisi yang tepat dan berimbang.

 

Gejala cacingan bisa berupa rasa gatal di anus atau vagina; gangguan organ pencernaan, seperti diare, mual, muntah; hingga penurunan berat badan. Gejala cacingan pada orang dewasa bisa diatasi dengan mengonsumsi obat cacing sesuai jenis infeksi cacingnya. Untuk hal ini sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter, agar dapat dipastikan apakah anda memang mengalami infeksi dari cacing.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat