Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 25 Feb 2021  23:19 WIB  1 komentar
Salam dok..
Saya batuk sudah hampir setahun. Sekarang kondisi semakin memburuk. Batuk kering kadang bedahak warna bening, Nafas pendek, sy merasa sperti sangat lelah bila jalan kaki 30meter. Ngosngosan. Apalagi naik tangga. Rasanya sudah gk kuat.
Sy sudah periksa dokter dg hasil paru paru kiri sy ada infeksi. Hasil pemeriksaan kultur sy terinfeksi bakteri SPhingomonas. Hasil lab darah sy kelebihan darah putih. Sy juga kebal terhadap beberapa anti biotik. Sy berobat sudah 5bulan ganti2 obat tapi tdk membaik sama sekali.
Yg ingin sy tanyakan bakteri sphingomonas bisa sy dapat dari mana ? Apa kira2 yg harus sy hindari dok? Sy pernah test dahak Tbc Negatif. Apakah dg ciri2 yg sy alami sy terindikasi tbc? ( Berat badan sy stabil. Malah semenjak sakit gk bisa aktifitas brt badan sy naik 1kg )
Terima kasih
 26 Feb 2021  08:32 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan reaksi dari tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di hidung, saluran pernafasan, telinga. Bila lebih dari 2 minggu maka batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

1. Post nasal drip atau sekresi dari hidung yang turun ke tenggorokan. Sekeresi ini dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan batuk dan sering ditemukan pada orang dengan alergi, rinitis, dan sinusitis. Beberapa gejala post nasal drip antara lain keluar cairan terus menerus dari hidung, hidung tersumbat, serta sensasi cairan mengalir di belakang tenggorokan.

2. Asma

3. Infeksi misalnya Tuberkulosis (TBC)

Gejajal-gejala penyakit TB antara lain: batuk lama, demam terus-menerus (tidak terlalu tinggi), penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya, berkeringat saat malam hari, dahak ada darah, dll. Namun untuk menegakkan diagnosis TBC selain dari gejala yang telah disebutkan, sangat diperlukan pemeriksaan fisik , pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan dahak BTA, foto rontgen dada, serta lab darah.

4. Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru). Bronkitis adalah suatu kondisi disebabkan dinding bagian dalam saluran pernapasan utama paru terinfeksi dan meradang. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka dapat terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara mencapai paru-paru. Sehingga gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan sesak. Batuk darah paling sering disebabkan oleh bronkitis, namun pada kasus batuk darah yang disebabkan oleh bronkitis biasanya batuk darah dapat hilang sendiri atau sembuh sendiri dan jarang sampai dapat mengancam nyawa.

5. GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) : Gejala utama GERD adalah rasa terbakar di dada serta rasa pahit dan asam di mulut dan dapat disertai juga dengan batuk. Pada beberapa orang, batuk adalah satu-satunya gejala dari GERD. Namun bisa juga disertai keluhan terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 

8.dll

 

Kami sarankan anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis paru sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan secara langsung bahkan jika perlu dilakukan pemeriksaan tambahan sehingga dokter dapat mendiagnosis dengan tepat dan memberi terapi yang tepat untuk anda.  Jika anda sudah ke spesialis paru, anda dapat meminta second opinion ke dokter spesialis paru lainnya untuk menentukan diagnosis pada diri anda, karena perlu pemeriksaan langsung pada diri anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat