Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 18 Jun 2020  16:21 WIB  1 komentar
Dok saya mau tanya, di kelopak mata saya bagian atas, ada seperti benjolan bintitian, tapi tidak sakit dan merah, kata ibuk saya ini hampir seperti bintitan, tapi hanya benjolan kecil dan kenyal saja tidak memerah.

saya kira akan segera hilang seperti bintitan yang cepat hilang walau pun dibiarkan saja cepat menghilang, ternyata benjolan kecil ini tidak hilang sudah sekitar 3mingguan, bagaimana cara menghilangkan benjolan ini dok?

Terimakasih dok.
 19 Jun 2020  07:33 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Bintitan atau yang dalam bahasa medis disebut hordeolum adalah kondisi ketika bintil mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata, disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang menyerang kelenjar dalam mata. Walaupun tidak berbahaya, bintitan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa nyerinya. Benjolan ini biasanya akan terasa nyeri, berwarna merah, dan terasa hangat dan bila dibiarkan terlalu lama benjolan ini dapat mengeluarkan nanah. Sebagian besar bintitan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7 hingga 20 hari. Bintitan akan sembuh setelah pecah dan mengeluarkan nanah. Meski demikian, jangan pernah memencet atau memecahkan benjolan bintitan sendiri karena dapat memicu penyebaran infeksi. Anda sebaiknya menunggu sampai benjolan pecah secara alami.

 

Beberapa langkah yang dapat anda lakukan di antaranya adalah:

  • Menjaga kebersihan mata, hindari pemakaian kosmetik untuk sementara.
  • Cuci tangan anda sebelum menyentuh mata
  • Mengompres kelopak mata dengan air hangat sebanyak 2-3 kali sehari, selama 5 sampai 10 menit, dapat mengurangi rasa nyeri sekaligus mempercepat kesembuhan.
  • Hindari penggunaan lensa kontak selama belum sembuh.
  • Bila terasa nyeri dapat mengkonsumsi pereda nyeri seperti paracetamol yang dijual bebas di apotek (baca aturan pakai, kontraindikasi, dan perhatian sebelum mengonsumsi)

 

Apabila bintitan tidak kunjung sembuh dan rasa nyeri bertambah parah, sebaiknya segera berobat ke dokter spesialis mata, karena mungkin diperlukan prosedur mengeluarkan nanah agar tekanan pada mata bisa berkurang. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat