Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 26 Jun 2020  11:06 WIB  1 komentar
Siang dok, mulai akhir tahun 2018 sampai sekarang saya jerawatan parah di jidat, tapi sekarang udah mulai hilang jerawatnya. Saya bingung bekas jerawatnya malah warna putih, kaya bekas koreng kalo dikopek. Bgaimana cara menghilangkan bekas luka tersebut dok?
 27 Jun 2020  08:10 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Penyebab dari jerawat antara lain: Kelenjar minyak yang terlalu aktif, stress, hormonal, bakteri di pori-pori kulit. Kulit berminyak merupakan jenis kulit yang sangat berisiko untuk mengalami jerawat. Selain membutuhkan kesabaran, anda perlu mengendalikan pola makan, kebiasaan membersihkan wajah, pengendalian stres dan sebagainya. 

 

Penanganan bekas jerawat sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Bekas jerawat yang ringan dapat dibantu dengan pemberian hidrokuinon, krim malam yang mengandung asam retinoat, chemical peeling. Dapat pula dibantu dengan perawatan dermabrasi, filler, laser, subsisi, dll. Selain itu hal-hal berikut ini dapat anda lakukan untuk mencegah terjadinya bekas jerawat: 

- Pilihlah produk wajah yang ringan, sesuai jenis kulit, non-comedogenic, bebas minyak, bebas alkohol

- Gunakan tabir surya dengan formula non-comedogenic

Pada waktu membersihkan muka, cukup gunakan tangan saja, bukan kain atau alat penggosok lain yang bisa menyebabkan jerawat memburuk 

- Jangan suka memegang atau memencet jerawat karena bisa memicu peradangan pada jerawat sehingga menimbulkan bekas jerawat

 

Kami sarankan lebih baik anda mengunjungi dokter spesialis kulit untuk dianalisa dan untuk menentukan terapi yang sesuai pada anda karena perlu terlebih dahulu kulit anda dianalisa untuk mengetahui jenis kulit,  kedalaman bekas jerawat, adanya reaksi alergi. 

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat