Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 05 Aug 2020  14:24 WIB  1 komentar
Bagaimana cara diet yang baik untuk mengurangi lemak samping perut , apakah makanan yang cocok untuk saya?
 05 Aug 2020  19:01 WIB

Selamat Malam

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Untuk menghilangkan lemak di area perut, terlebih dulu anda mengetahui apakah berat badan anda saat ini termasuk normal atau berlebih. Obesitas adalah penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Untuk mengetahui apakah berat badan anda termasuk berat badan yang sehat bisa dihitung melalui metode penghitungan IMT (indeks massa tubuh). Rumus yang dipakai dalam penghitungan IMT adalah berat badan dalam kilogram dibagi dengan tinggi tubuh dalam satuan meter kuadrat (m²).

Contoh: jika berat badan seseorang adalah 66 kilogram dan tingginya adalah 1,65 meter, maka penghitungannya adalah 66/(1,65 X 1,65) = 24,2. Hasil ini termasuk ke dalam kategori berat badan sehat atau normal karena masih berkisar antara 18,5 sampai 24,9.

Jika nilai IMT <18,5 maka anda dianggap kekurangan berat badan. Jika nilai IMT> 24,9 maka anda dianggap kelebihan berat badan. Jika nilai IMT di antara 30-39,9 maka tergolong obesitas. Jika nilai IMT> 40 maka tergolong obesitas ekstrim. Bagaimana dengan nilai IMT anda?

 

Perut yang gemuk menunjukkan ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran. Beberapa faktor yang mempengaruhi perut buncit yaitu: kurang olahraga, penumpukan lemak di daerah perut, konsumsi makanan melebihi kebutuhan energi yang diperlukan, riwayat obesitas keluarga, dll.  Untuk mengatasi perut buncit tidak ada jalan pintas melainkan harus dengan mengatur pola makan serta olahraga rutin. Kurangi asupan kalori sebesar 500-1000 kalori/hari, jangan makan berlebihan dan makan terlalu malam, hindari makanan berlemak, berminyak dan yang mengandung kalori tinggi, hindari pula cemilan. Jangan lupa untuk rutin berolahraga seperti joging, senam, sepeda, berenang, atau olahraga aerobik lainnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat