Your browser does not support JavaScript!
Seseorang
Seseorang
 13 Feb 2020  20:20 WIB  1 komentar
saya 2 minggu lalu habis dirawat kena hepatitis A, sampai sekarang masi minum curcuma dan vitamin b kompleks. dari sebelum saya dirawat saya batuk dan sampai sekarang masih batuk, batuk tidak banyak dahak, awalnya tidak pilek, tapi 3hari ini saya demam dan pilek, kepala saya sangat sakit, sekarang ada benjolan dibawah rahang kanan dekat telinga dan kalo diraba sakit. dada sebelah kiri saya juga sakit seperti tidak nyaman. saya sakit apa yaa dok?
 14 Feb 2020  08:20 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Demam dapat disebabkan oleh banyak hal misal karena virus, bakteri maupun parasit. Demam terjadi bila suhu tubuh berada diatas 37,5 derajat celcius. Walaupun ciri dari demam adalah badan terasa panas, namun harus tetap dipastikan dengan pemeriksaan termometer.  Kondisi demam bisa merupakan gejala ringan namun dapat terjadi pada kondisi serius. Demam memang sering disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, sakit kepala, sakit tenggorokan, diare, nyeri sendi dan tulang, dll. Hal ini tentunya harus segera dipastikan penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan. 

 

Untuk benjolan yang perlu diperhatikan adalah ukuran benjolan, konsistensi benjolan tersebut padat keras atau lunak serta apakah berisi air, nanah atau darah? Benjolan di daerah kepala-leher dapat disebabkan oleh berbagai macam keadaan: 

-Pembesaran kelenjar getah bening: Kelenjar getah bening berperan sebagai salah satu komponen daya tahan tubuh. Bila terjadi proses infeksi (misal: radang tenggorokan, pilek) / keganasan di sekitarnya, kelenjar bisa membesar sebagai respons untuk perlawanan. Pembesaran kelenjar karena proses infeksi bisa disertai rasa nyeri, demam. Bila pembesaran kelenjar getah bening disebabkan karena infeksi, maka benjolan biasanya akan mengecil dengan sendirinya dalam waktu 2-3 minggu, terutama bila infeksi penyebabnya telah diatasi.

-Kista (kantong yang berisi cairan)

-Abses

-Tumor

-dll

 

Apabila benjolan anda tidak mengecil bahkan semakin besar dan walaupun tidak nyeri, sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis bedah untuk mendapat diagnosa dan terapi yang tepat terkait keluhan anda. Karena untuk mendiagnosis benjolan diperlukan anamnesis dan pemeriksaan fisik yang mendetail untuk mengetahui penyebab dasarnya. Setelah mengetahui apakah benjolan tersebut barulah dapat menetukan terapi nya. Kami tidak bisa memberi saran terapi apabila tidak diketahui apakah benjolan tersebut. 

  

Beberapa hal yang dapat anda lakukan :

  • Konsumsi paracetamol untuk membantu meredakan demam
  • minum air putih lebih banyak
  • cukup istirahat

 

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter terdekat agar dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh, termasuk pemeriksaan penunjang seperti tes darah, dll karena harus dicari penyebabnya terlebih dahulu baru kemudian dapat diberikan pengobatan yang tepat.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat