Your browser does not support JavaScript!
Dokter & Expert  Menjawab
Seseorang
Seseorang
Izin tanya Dokter, dari pihak isteri , ibunya (mertua saya) dideteksi Kanker Payudara, dan Kakak ibu mertua (Bude) juga Kanker Payudara, apakah bisa disimpulkan isteri saya dan anak perempuan saya punya potensi untuk Kanker Payudara tesebut Dokter? Bila Ya apakah Payudara isteri saya dapat diangkat lebih awal untuk pencegahan?

Mohon penjelasan Dokter, terima kasih.
Dianapurnamasari, Dr., Sp.pa
Dianapurnamasari, Dr., Sp.pa

Selamat Malam

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

Terjadinya kanker payudara dapat dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adanya anggota keluarga kandung yang terkena, dimana dapat meningkatkan risiko sebanyak 2 kali lipat dibandingkan dengan tidak adanya riwayat pada keluarga. Namun bukan berarti seseorang yang memiliki riwayat keluarga atau orang tua dengan kanker payudara pasti akan terkena kanker payudara nantinya ya, tapi lebih mempunyaoi resiko lebih besar daripada yang tidak ada riwayat keluarga. 

Terdapat dua gen yang dapat menyebabkan terjadinya kanker payudara pada anggota keluarga yang sama, yaitu BRCA 1 dan BRCA 2. Gen ini meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara dan kanker ovarium. Selain itu, gen ini juga berhubungan dengan terjadinya kanker pankreas, melanoma (kanker kulit), kanker payudara pada pria (gen BRCA 2).

Semakin sering anda terpapar dengan hormon estrogen maka semakin tinggi resiko terjadinya kanker payudara. Estrogen menyebabkan pembelahan sel, semakin banyak pembelahan sel terjadi, maka semakin tinggi kemungkinan pembelahan sel ini menjadi abnormal (keganasan).

Paparan estrogen dan progesteron tergantung pada beberapa hal, seperti:

  • Usia saat pertama kali mendapat menstruasi
  • Usia saat terjadinya menopause
  • Berapa lama jarak di antara menstruasi
  • Usia saat melahirkan anak pertama

Obesitas, terutama saat anda menopause merupakan salah satu faktor resiko terjadinya kanker payudara.  Selain itu, mengkonsumsi minuman beralkohol, terutama bila lebih dari 1 gelas sehari juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara. Beberapa penelitian menemukan bahwa wanita yang memiliki pola makan tinggi lemak, baik lemak yang berasal dari daging atau susu memiliki resiko kanker payudara yang lebih tinggi. Diet rendah lemak dapat mencegah terjadinya kanker payudara.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat