Your browser does not support JavaScript!
Amanda Carter
Amanda Carter
 26 Jul 2020  17:20 WIB  1 komentar
Halo dok, saya 2 bulan yg lalu pernah melakukan suicide attempt menggunakan obat obatan, hingga saya muntah muntah tanpa henti setiap 15 menit selama 2 hari. Kemungkinan saya overdosis. Tapi semenjak saat itu setiap saya melihat obat, atau sekedar memikirkannya di otak saya, tiba tiba saya merasa mual dan pusing, seakan akan saya kembali ke kejadian waktu itu. Apakah ini normal, atau ini gejala trauma? Lalu apa yg harus saya lakukan
 27 Jul 2020  06:34 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Beberapa penyebab percobaan bunuh diri antara lain: depresi, tekanan batin, gangguan bipolar, cemas berlebih, faktor sosial ekonomi, dll. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan :

- Mendekatkan diri pada Tuhan.

- Curhat dengan orang terdekat anda, atau orang yang anda percayai.

- Jika pikiran bunuh diri muncul, anda dapat melakukan tindakan relaksasi misal menarik nafas dalam dan membuang nafas panjang dengan menghitung 10 x. Posisikan diri Anda dalam kondisi nyaman.

- Lakukanlah hobi yang anda senangi atau melakukan kegiatan2 positif misal: pengajian, dll

- Istirahat yang cukup

Apa yang anda alami dapat dikarenakan trauma karna kejadian sebelumnya, sehingga tiap kali melihat obat anda terasa mual. Bila pikiran ingin bunuh diri tersebut masih sering muncul maka segera berkonsultasi dengan psikiater sehingga psikiater akan membantu anda mencari solusi yang terbaik.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat