Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Seseorang
Seseorang
 21 Nov 2020  15:23 WIB  1 komentar
Dok akhir2 ini saya mengalami kesulitan untuk tidur, padahal tubuh saya ingin tidur. Saya rajin berolahraga minum cukup dan makan juga cukup. Tapi saya tidak pernah merasa ngantuk. Apa yang harus saya lakukan dok ?
 22 Nov 2020  07:52 WIB

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkosultasi dengan layanan dokter.id

 

Mengenai penyebab susah tidur anda, sebelumnya harus anda ketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab gangguan tidur, seperti faktor predisposisi psikologis dan biologis, penggunaan obat-obatan tertentu dan alkohol, faktor lingkungan dan kebiasaan buruk. Masalah psikologi sering kali menjadi faktor utama munculnya gejala insomnia, salah satunya adalah stres, kecemasan, penyakit mental, dll. Masalah kesehatan fisik juga dapat menimbulkan gejala yang dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman sehingga mendapat kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidur, misalnya gangguan pernapasan, jantung, masalah pada otot, saraf, dll.

 

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan susah tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari. Apabila ditemukan kondisi medis yang mendasari, diperlukan terapi fisis tertentu. Beberapa hal yang dapat anda lakukan :

  1. Cobalah mengatur pola tidur
  2. Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti menggunakan penutup mata, menghindari suara bising,dll
  3. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
  4. Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok,tidak konsumsi alkohol, dsb
  5. Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter.
  6. Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk mengatasinya

 

Apabila keluhan anda ini masih berlanjut dan mengganggu aktivitas anda sehari-hari, tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada fisik yang mendasari penyebab dari susah tidur anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat