Your browser does not support JavaScript!
Pertanyaan Terpopuler
Ina Nur Asiah
Ina Nur Asiah
 20 Nov 2020  18:27 WIB  1 komentar
Selmat malam dok, saya mau naya dok ini kan saya pengen program hamil, nh biasanya siklus haid saya udah 3 bulan kemarin 35/36 hari nah untuk bulan ini ko saya jadi siklus 24 hari ya dok? Dan gini dok seperma suami saya kan encer untuk mebenarkan nya giman ya dok supaya saya bisa hamil karna llahmdulilah tiap bulan saya rutin haid dok?
 21 Nov 2020  11:38 WIB

Selamat Siang

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

 

Siklus haid normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika siklus menstruasi masih dalam kisaran waktu di atas maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Siklus haid seorang wanita memang dapat maju atau mundur, tidak selalu tepat waktu.

 

Untuk mengetahui kualitas sperma tidak cukup dilihat hanya berdasarkan penampakan klinisnya saja. Memang cairan ejakulasi yang normal umumnya berkonsistensi kental. Namun cairan ejakulasi yang encer belum tentu menandakan kualitas dan kuantitas sperma yang kurang baik. Kualitas sperma secara pasti dinilai melalui analisis sperma. Kualitas sperma ditentukan berdasarkan 3 hal yaitu jumlah sperma, kemampuan bergerak, dan bentuk sperma. Melalui analisis sperma kita akan mengetahui jumlah sperma, pergerakan sperma apakah aktif bergerak atau diam di tempat, dan bentuk sperma apakah ada gangguan bentuk atau tidak. Semua pemeriksaan ini memerlukan pemeriksaan dibawah mikroskop.

 

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menurunkan kualitas sperma seseorang:

  1. Penyakit genetik tertentu
  2. Paparan panas ke organ reproduksi. Pada dasarnya sperma akan mati dalam suhu yang terlalu panas. Karena itu sebaiknya hindarilah mandi dengan air yang terlalu panas, berendam di air panas, sauna terlalu lama.
  3. Radiasi. Kebiasaan menaruh handphone di kantung celana tidak baik pada pria karena panas yang terpancar dari HP akan merusak kualitas sperma
  4. Penyakit organ reproduksi seperti varikokel, testis tidak turun, infeksi, tumor, dll
  5. Penggunaan obat-obatan tertentu
  6. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, alkohol, obat-obatan terlarang
  7. dll

 

Untuk menjaga kualitas sperma sehat anda dapat mencoba beberapa hal di bawah ini:

  1. Banyak mengkonsumsi sayur dan buah
  2. Berhenti merokok dan membatasi asupan alkohol
  3. Hindari kebiasaan berganti-ganti pasangan karena dapat menimbulkan penyakit menular seksual yang dapat mempengaruhi kesuburan pria
  4. Kurangi dan kendalikan stres karena dapat menurunkan fungsi seksual dan mengganggu hormon yang memproduksi sperma.

 

Untuk memastikan kualitas dari sperma anda, sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter spesialis andrologi untuk dilakukan analisis sperma.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat