Your browser does not support JavaScript!
Dokter & Expert  Menjawab
P
Pelina
Halo dok, ijin bertanya mengapa dari anus saya ada daging yang keluar dan bila bab sering bengkak. Bagaimana cara mengatasinya dok ? Terimakasih...
Dianapurnamasari, Dr
Dianapurnamasari, Dr

Selamat Pagi

Terimakasih telah berkonsultasi dengan layanan dokter.id

Kemungkinan anda mengalami wasir. Wasir adalah kondisi dimana pembuluh darah di sekitar anus membengkak. Beberapa gejala wasir / hemoroid antara lain adalah nyeri pada anus, gatal sekitar anus, benjolan seperti daging tumbuh di sekitar anus, bisa dimasukkan kembali ke dalam namun bisa juga tidak, keluarnya darah saat buang air besar yang berwarna merah segar. Pada tahap yang ringan obat anti-wasir dapat mengatasi kondisi di atas sehingga benjolannya mengecil, tapi jika sudah parah (tidak bisa masuk lagi), diperlukan pilihan terapi lainnya yaitu operasi.

Untuk sementara anda dapat melakukan beberapa hal ini:

  • Hindarilah makanan pedas karena dapat meningkatkan risiko pembengkakan di anus yang berlanjut menjadi wasir. 
  • Perbanyaklah konsumsi makanan berserat seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut. Konsumsi pula buah-buahan yang bersifat pencahar seperti pepaya, buah naga dan alpukat.
  • Rendam bokong anda dengan cara duduk dalam air hangat setiap 3 – 4 kali sehari selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.
  • Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. 

Apabila keluhan dirasakan semakin memberat dan mengganggu kenyamanan, lakukan konsultasi langsung ke dokter spesialis bedah agar mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami lakukan. Semoga bermanfaat

Like this post
0
Share to social media