Your browser does not support JavaScript!
Yang Perlu Dibawa Saat Persalinan Tiba
Yang Perlu Dibawa Saat Persalinan Tiba

Sebagai calon orang tua baru, tentu kamu perlu mempersiapkan segala hal jika waktu persalinan akan tiba. Sebaiknya persiapkan segala kebutuhan persalinan jauh hari, karena kita tidak tahu kapan waktu kontraksi tiba.

Berikut sejumlah item yang perlu dibawa dalam tas persalinan:

  • Dokumen penting

    Dokumen penting merupakan hal yang wajib dibawa, khususnya saat persalinan. Kartu tanda pengenal, kartu asuransi, hingga nama dan nomor telepon dokter untuk calon bayi. Kamu juga perlu membawa rekaman kesehatan kamu bila diperlukan. 

  • Barang pribadi

    Handphone serta charge-nya bukanlah hal yang patut dicatat dalam list karena kamu mungkin selalu menggenggamnya. Beberapa barang pribadi yang penting untuk dibawa adalah alat mandi, yang berisikan sabun, shampo, deodoran, dan lain sebagainya.

    Meski rumah sakit menyediakan pembalut, namun kamu juga bisa membawa pembalut yang biasa kamu gunakan saat PMS untuk menyerap darah yang keluar pasca persalinan. 

  • Pakaian 

    Untuk pakaian, kamu bisa membawa pakaian tidur kamu yang nyaman untuk digunakan dengan kondisi perut yang masih besar. Kamu juga perlu membawa bra untuk menyusui yang seharusnya sudah kamu persiapkan sejak jauh hari.

  • Hiburan 

    Pasca atau sebelum persalinan, kamu mungkin membutuhkan sebuah hiburan untuk memberikan efek rileks pada tubuh. Kamu bisa membawa buku favorit kamu sebagai teman membaca atau bahkan mempersiapkan playlist untuk kamu dengarkan di kala sedang jenuh. 

  • Kebutuhan usai persalinan

    Setelah memakan banyak waktu untuk persalinan, tentu kamu akan merasa lapar dan kamu mungkin tidak nafsu untuk memakan makanan rumah sakit. Untuk itu, kamu bisa membawa snack kesukaan kamu seperti biscuit, buah-buahan kering, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

    Selain itu, buku atau aplikasi panduan untuk bayi yang baru lahir juga menjadi salah satu hal yang diperlukan untuk dibawa di dalam tas persalinan. Kamu bisa menghabiskan waktu senggang kamu untuk mempelajari bagaimana mengganti popok, memandikan bayi, dan lain sebagainya. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu melalui layanan Telekonsultasi by Telemedico sekarang!

Digital Dokterid
Dec 17  -  2 min read