Your browser does not support JavaScript!
Waspada! Kurang Gizi Bisa Bikin Anda Menderita Gangguan Kesehatan
Waspada! Kurang Gizi Bisa Bikin Anda Menderita Gangguan Kesehatan

Cukup makan atau bahkan makan berlebihan bukan jaminan bahwa anda telah memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda. Anda masih dapat mengalami kekurangan gizi (malnutrisi) bila anda tidak memilih menu makanan anda dengan baik. Seperti halnya kelebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, kekurangan gizi pun dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

 

Beberapa jenis gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat malnutrisi dapat anda lihat di bawah ini:

1.  Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh
Nutrisi yang tidak adekuat (kurang) dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh anda dan membuat luka sulit menyembuh; terutama pada orang lanjut usia. Mengkonsumsi vitamin A, vitamin B kompleks, dan seng dalam jumlah cukup dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh anda tetap kuat.

Walaupun diet sehat dan seimbang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anda, anda dapat berkonsultasi dengan dokter anda mengenai apakah anda perlu mengkonsumsi suplemen untuk mencegah terjadinya defisiensi nutrisi.


2.  Anemia
Anemia dapat terjadi akibat kekurangan zat besi, asam folat, atau vitamin B12 dalam diet anda. Anemia dapat menyebabkan penderitanya merasa sangat lelah, pusing, kepala terasa melayang, mudah marah, dan merasa kedinginan.

Orang-orang yang beresiko tinggi untuk mengalami anemia adalah orang yang menderita gangguan daerah, wanita yang mengeluarkan banyak darah saat menstruasi, wanita hamil, dan orang yang mengalami kekurangan gizi. Anemia biasanya dapat diatasi dengan pemberian suplemen nutrisi yang anda butuhkan.


3.  Penyakit Jantung
Menurut sebuah penelitian di tahun 2011, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Dianjurkan agar setiap wanita dan pria yang berusia kurang dari 71 tahun mengkonsumsi setidaknya 15 mcg vitamin D setiap harinya. Sementara itu, orang dewasa yang berusia lebih dari 71 tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 20 mcg vitamin D setiap harinya.


4.  Osteoporosis
Osteoporosis atau menurunnya kepadatan tulang dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Hal ini terjadi akibat kurangnya konsumsi kalsium atau gangguan penyerapan kalsium di dalam tubuh anda.

Orang-orang yang beresiko mengalami osteoporosis adalah wanita paska menopause, wanita yang mengalami gangguan makan (anoreksia), orang yang jarang mengkonsumsi susu dan produk olahannya, dan vegetarian. Sebenarnya anda tidak perlu mengkonsumsi susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anda. Sekarang ini telah tersedia berbagai jenis makanan yang telah diperkaya dengan kalsium dan suplemen kalsium.


Sumber: healthyeating.sfgate

Jan 25  -  3 min read