Your browser does not support JavaScript!
Waspada Bahaya Kecanduan Gadget Bagi Anak! Ini 10 Aturan Gagdet Yang Harus Dipatuhi Anak
Waspada Bahaya Kecanduan Gadget Bagi Anak! Ini 10 Aturan Gagdet Yang Harus Dipatuhi Anak

Sekarang ini sudah tidak bisa dipungkiri banyak anak yang masih kecil sudah mengenal gadget, melihat mereka menari dan tertawa saat menggunakan gadget memang terlihat lucu padahal kondisi ini sebenarnya tidak baik untuk anak. Terlebih bila usia anak masih terlalu kecil, kebiasaan bahkan sampai kecanduan gadget bisa memberikan banyak dampak negatif pada anak.

Ini adalah bahaya dari penggunaan gadget terlalu sering:

  • Gangguan pada mata, mata adalah organ penting yang harus dijaga sejak dini.
  • Susah tidur, padahal anak butuh tidur yang baik karena masih dalam pertumbuhan
  • Kurang gerak, anak bisa mengalami kenaikan berat badan yang signifikan bahkan bisa mengalami obesitas.
  • Anak menjadi sulit berkonsentrasi dalam jangka waktu yang lama
  • Kemampuan bersosialisasi yang berkurang, padahal anak harus diajarkan untuk berinteraksi tatap muka sedini mungkin dan masih banyak bahaya lain yang bisa dialami anak

Oleh karena itu Anda sebagai orang tua harus mengambil tindakan dan menerapkan peraturan saat menggunakan gadget yang semua ini adalah untuk kebaikan anak Anda.

Berikut aturan dalam menggunakan gadget bagi anak:

1.     Tidak boleh menggunakan gadget saat sedang makan. Saat makan adalah waktu dimana adanya interaksi dan bercengkrama dengan anggota keluarga lain agar semakin akrab dan dekat dengan anggota keluarga yang lain. Selain itu bila makan sambil main gadget akan membuat anak tidak fokus pada makanan, sehingga makan menjadi sedikit dan tidak mengunyah dengan baik.

2.      Tidak ada gadget di kamar mandi

Mungkin ada beberapa anak yang selalu membawa gadgetnya dimana pun dia berada, salah satunya adalah di kamar mandi. Bila anak melakukan cara ini, maka akan menjadi kebiasaan dan mereka menjadi lebih asik dengan gadget bukan melakukan aktivitas di kamar mandi seperti mandi dengan baik. 

3.      Hari biasa maka penggunaan gadget dibatasi

Pada hari biasa maka Anda harus membatasi penggunaan gadget dan TV. Karena pada hari tersebut anak-anak biasanya sudah sekolah atau masuk play group. Sehingga mereka memiliki aktivitas yang padat, bila mereka masih main gadget maka akan sulit akan fokus pada tugas yang diberikan. Selain itu jangan biasakan saat pulang sekolah mereka menggunakan gadget karena akan mengganggu jadwal tidur nantinya.

4.      Penggunaan komputer yang di batasi

Komputer pada hari biasa hanya boleh digunakan untuk tugas sekolah dan harus dimonitor oleh Anda.

5.      Hp dan gadget lain harus di taruh di meja atau dicharge saat malam

Jangan biasakan anak Anda menaruh alat gadgetnya di tempat tidur, Karena kebiasaan ini akan menimbulkan keinginan anak untuk selalu memainkan gadgetnya dan membuat tidur anak tidak baik. Hal ini berdampak pada kesehatan anak. Menjadi sulit tidur dan sering begadang.

6.      Gadget dan TV boleh digunakan pada hari biasa bila tugas sekolah sudah selesai

Biasakan pada anak Anda bahwa sekolah adalah yang pertama. Jadi bila mereka memiliki tugas rumah, mereka harus membereskannya dahulu. Anda juga bisa mengatur kebiasaan penggunaan gadget saat weekend hanya 2 jam saja pada sore hari.

7.      Hentikan penggunaan gadget saat minggu ujian

Bila saat minggu ujian, maka biasakan anak tidak boleh menggunakan gadget. Biarkan mereka konsentrasi dahulu dengan ujian mereka.

8.      Batasi permainan, program dan aplikasi

Saat Anda memberikan gadget pada anak Anda, maka batasi permainan, program dan aplikasi yang ada terutama untuk anak yang masih kecil. Sebagai orang tua Anda harus mendampingi dan memilih program, permainan dan aplikasi yang ada.

9.      Memiliki password

Bersikeras bahwa anak-anak harus menerapkan verifikasi password dua langkah pada semua akun media sosial di gadget mereka, untuk antisipasi bila gadget mereka hilang atau dicuri. Ajarkan anak untuk menjadi pengguna Internet yang bertanggung jawab.

10.  Ajarkan anak untuk menjaga gadgetnya

Sedari awal Anda memberikan gadget pada anak Anda, maka ajarkan agar mereka menjaga gadget yang mereka miliki. Agar mereka menjadi lebih bertanggung jawab atas barang yang miliki.

Menerapkan aturan sebenarnya adalah hal yang mudah. Asal Anda juga bersikukuh untuk menerapkan aturan tersebut. Jangan menjadi lemah pada rengekan dan rayuan anak. Yang Anda lakukan ini adalah untuk kebaikan anak Anda. Bila memungkinkan lebih baik Anda mengajarkan anak untuk bermain di luar rumah untuk membantu stimulasi sel otak anak.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Anak

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: parentherald

Sidik Suprayogi
Jun 07  -  5 min read