Your browser does not support JavaScript!
Wajah Justin Bieber Lumpuh Sebelah, Ini Perbedaan Bell’s Palsy Dengan Ramsay Hunt Syndrome
Wajah Justin Bieber Lumpuh Sebelah, Ini Perbedaan Bell’s Palsy dengan Ramsay Hunt Syndrome

Beberapa hari lalu, Justin Bieber baru saja mengabarkan masalah kesehatan yang menimpanya. Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, terlihat setengah wajah Justin yang seakan-akan lumpuh.

Dalam video yang berdurasi hampir 3 menit itu pun Justin menjelaskan kondisinya saat itu dan mengatakan bahwa dirinya mengidap Ramsay Hunt Syndrome yang menyebabkan saraf  pada setengah wajahnya tak berfungsi dan tak dapat digerakan atau lumpuh.

Sebagaimana dijelaskan oleh suami Hailey Bieber, virus itu menyerang melalui telinga yang kemudian mengambil alih saraf wajah. Tak hanya Ramsay Hunt Syndrome yang menyebabkan lumpuhnya setengah wajah, namun Bell’s Palsy pun memiliki dampak yang cukup serupa.

Apa perbedaan Bell’s Palsy dengan Ramsay Hunt Syndrome?

Melansir laman Tampa Bay Hearing, Bell's palsy adalah kelumpuhan atau kelemahan wajah dengan serangan tiba-tiba atau cepat yang berkembang selama berjam-jam hingga satu atau dua hari. Jika wajah membutuhkan waktu lebih dari 2-3 hari untuk menjadi lumpuh, kelainan tersebut mungkin bukan Bell's palsy dan penyebab lain perlu dipertimbangkan.

Sebagian besar pasien Bell's palsy, memiliki perasaan nyeri pada satu sisi telinga dan wajah. Gejala terkait lainnya meliputi mata kering, iritasi mata, penglihatan kabur, gangguan rasa, mati rasa samar di depan telinga, telinga berdenging, pusing atau vertigo, dan, yang relatif jarang, gangguan pendengaran tanpa disertai ruam.

Sedangkan melansir dari BMJ Journals, definisi yang ketat dari sindrom Ramsay Hunt adalah kelumpuhan saraf wajah perifer disertai dengan ruam vesikular eritematosa di telinga (zoster oticus) atau di mulut. J Ramsay Hunt, yang menjelaskan berbagai presentasi klinis kelumpuhan wajah dan ruam, juga mengenali gejala dan tanda lain yang sering muncul seperti tinitus, gangguan pendengaran, mual, muntah, vertigo, dan nistagmus.

Analisis Hunt tentang variasi klinis sindrom yang sekarang menyandang namanya mengarah pada pengakuannya tentang fungsi sensorik somatik umum dari saraf wajah dan penentuan zona genikulatum telinga. Sekarang diketahui bahwa virus varicella zoster (VZV) menyebabkan sindrom Ramsay Hunt.

Jika dibandingkan antara Bell’s palsy dengan Ramsay Hunt Syndrome, maka Ramsay cenderung lebih parah dalam penyerangannya dan lebih sedikit kemungkinan untuk dapat pulih secara tuntas. Maka dari itu, sindrom Ramsay Hunt pada awalnya mungkin tidak dapat dibedakan dengan Bell's palsy.

Digital Dokterid
Jun 13  -  2 min read