Your browser does not support JavaScript!
‘wabah Zombie’ Serang Rusa Di Kanada, Apakah Dapat Tulari Manusia?
‘Wabah Zombie’ Serang Rusa di Kanada, Apakah Dapat Tulari Manusia?

Infeksi aneh, melemahkan, dan sangat menular menyebar ke seluruh populasi rusa di Kanada Barat. Penyakit wasting kronis (CWD) adalah fenomena yang mengkhawatirkan yang dapat memiliki dampak ekologi dan konservasi dalam waktu dekat, kata para ahli.

"Ada epidemi CWD di Alberta dan Saskatchewan—dan itu sudah berlangsung," Margo Pybus, spesialis penyakit satwa liar di divisi ikan dan satwa liar pemerintah Alberta dan peneliti di Universitas Alberta, dikutip dari VICE World News. "Epidemi ini mengamuk melalui rusa di padang rumput dan taman."

Awalnya terdeteksi pada rusa penangkaran di fasilitas penelitian pada akhir 1960-an dan kemudian pada populasi liar di Colorado pada 1981, CWD telah ditemukan di 26 negara bagian. Sekarang dianggap endemik di Colorado, Oklahoma, Kansas, Nebraska, Minnesota, Wisconsin, South Dakota, dan Montana.

Di Kanada, penyakit ini pertama kali muncul pada tahun 1996 di peternakan rusa di Saskatchewan, kemudian menyebar ke populasi liar. Alberta mengonfirmasi kasus pertamanya pada Desember 2005 terhadap rusa liar, hewan buruan yang diambil di dekat perbatasan Saskatchewan, kata Pybus. CWD terdeteksi melalui sampel yang diserahkan di bawah program pengawasan pemburu, di mana pemburu memberikan sampel hewan yang dipanen untuk memeriksa penyakitnya.

CWD termasuk dalam kelas patogen unik yang disebut prion, kelas penyakit yang sama dengan bovine spongiform encephalopathy (BSE), yang lebih umum disebut penyakit sapi gila, serta scrapie, yang menginfeksi domba dan kambing, dan varian penyakit Creutzfeldt-Jakob (vCJD) yang membuat manusia sakit.

Infeksi penyakit prion, seperti CWD, tidak mencakup informasi genetik apa pun, tidak seperti virus dan bakteri yang mengambil alih sel inang. Menurut komisi sumber daya satwa liar Carolina Utara, CWD mengambil alih sistem neurologi rusa dan selalu mematikan.

Mereka juga mungkin kehilangan rasa takut terhadap orang dan pemangsa lainnya, dan menunjukkan gejala seperti air liur, tersandung, koordinasi yang buruk, kesedihan, kelainan perilaku, dan kelumpuhan. Mengutip laman News 18, gejala tersebut beberapa pengamat menjuluki CWD sebagai  "penyakit zombie" terutama karena rusa juga dapat menyebarkan penyakit melalui kontak hewan-ke-hewan, khususnya melalui urin dan air liur.

Mengutip dari Tribun Medan, menurut ahli mengatakan bahwa pemburu serta pemakan daging rusa dapat terpapar CWD. Meski demikian, belum ada kasus CWD yang memparkan manusia hingga saat ini, namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat merekomendasikan untuk melakukan tes dan memastikan hasilnya negatif terhadap rusa yang diambil di area yang memiliki CWD sebelum memakannya.

Apa itu CWD?

Chronic wasting disease (CWD) adalah penyakit prion yang menyerang rusa, elk, rusa kutub, rusa sika dan rusa besar. Telah ditemukan di beberapa daerah di Amerika Utara, termasuk Kanada dan Amerika Serikat, Norwegia dan Korea Selatan.

Mungkin diperlukan waktu lebih dari satu tahun sebelum hewan yang terinfeksi mengembangkan gejala, yang dapat mencakup penurunan berat badan yang drastis (wasting), tersandung, lesu, dan gejala neurologis lainnya.

Mengutip dari CDC, CWD dapat menyerang hewan dari segala usia dan beberapa hewan yang terinfeksi dapat mati tanpa pernah terkena penyakit tersebut. CWD berakibat fatal bagi hewan dan tidak ada pengobatan atau vaksin.

Digital Dokterid
Apr 07  -  3 min read