Your browser does not support JavaScript!
Vaksin Untuk Anak Yang Perlu Anda Ketahui
Vaksin Untuk Anak Yang Perlu Anda Ketahui

Melindungi anak sudah menjadi tanggung jawab orang tua, sehingga orang tua akan memberikan yang terbaik demi melindungi mereka. Semua hal baik dilakukan mulai dari memberikan makanan yang tepat agar mereka tumbuh dengan sehat hingga menjaga kesehatan mereka. Salah satu cara orang tua dalam melindungi anak dengan melakukan vaksinasi.

Vaksin dapat menjadi salah satu tindakan pencegahan terbaik yang dapat dilakukan orang tua untuk melindungi anak yang Anda sayangi. Vaksin membantu anak menghindari dari masalah kesehatan yang serius bahkan kematian. Penting agar setiap anak mendapat vaksinasi sesuai anjuran dokter, karena tidak hanya penting untuk kesehatan anak namun juga melindungi orang lain dengan tidak menularkan kepada mereka.

 

Berikut Vaksin Yang Perlu Anda Ketahui:

  • Vaksin DTaP melindungi terhadap difteri, tetanus, dan pertusis. Diphteria menutupi tenggorokan dengan lapisan abu-abu tebal, sehingga membuat orang lebih sulit bernafas. Tetanus dapat menyebabkan kekakuan otot yang serius dan juga disebut "lockjaw." Pertusis adalah batuk rejan.
  • Vaksin Hib melindungi terhadap Haemophilus influenzae tipe b, yang dapat menyebabkan pneumonia, meningitis, dan epiglotitis (radang epiglotis).
  • PCV13 melindungi terhadap penyakit pneumokokus. Pada anak kecil, penyakit pneumokokus dapat menyebabkan meningitis pneumokokus.
  • Vaksin poliovirus yang tidak aktif melindungi terhadap poliomielitis, yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.
  • Vaksin rotavirus melindungi terhadap rotavirus, penyebab paling umum diare di masa kanak-kanak.
  • Vaksin MMR melindungi terhadap campak, gondok, dan rubela. Campak dan gondok bisa menyebabkan kerusakan otak. Rubela dapat menyebabkan cacat lahir yang parah.
  • Vaksin varicella melindungi terhadap cacar air, yang meski jinak pada kebanyakan orang, bisa mengakibatkan sampai rawat inap terutama di kalangan anak kecil.
  • Vaksin Hepatitis A melindungi terhadap penyakit hati akut (yaitu, jangka pendek). Hepatitis A menyebar melalui makanan dan air yang terkontaminasi dan cenderung menyebabkan epidemi, yang mengakibatkan kerugian ekonomi yang besar.
  • Vaksin Hepatitis B melindungi terhadap penyakit hati yang ditransfer melalui darah.
  • Vaksin influenza melindungi terhadap flu musiman.
  • Vaksin meningokokus/ Vaksin MCV4 disarankan diberikan untuk anak usia 11 – 12 tahun, melindungi terhadap penyakit meningokokus, yang menyebabkan meningitis dan infeksi darah.
  • Vaksin Human Papillomavirus (HPV) melindungi terhadap kanker yang disebabkan oleh human papillomavirus. Dari catatan, human papillomavirus juga menyebabkan kutil kelamin. Vaksin ini direkomendasikan untuk anak laki-laki dan perempuan.

 

Baca juga: 7 Jenis Kekerasan Orang Tua Terhadap Anak

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

 

Sumber: verywell

Eko Siswanto
Feb 08  -  3 min read