Your browser does not support JavaScript!
Trik Jitu Mengatasi Gatal Pada Buah Zakar
Trik Jitu Mengatasi Gatal Pada Buah Zakar

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya rasa gatal pada daerah kemaluan pria, mulai dari gangguan kulit kronik seperti eksim dan psoriasis hingga infeksi jamur. Untuk mengatasinya, ada satu hal penting yang perlu Anda ingat, yaitu jangan menggaruk bagian kulit yang gatal.  Untuk membantu mengatasi rasa gatal, di bawah ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

 

Bersihkan Kemaluan Anda Setiap Hari

Untuk mengatasi rasa gatal dan mencegah terjadinya kekambuhan, dianjurkan agar Anda membersihkan daerah kemaluan Anda setiap hari dan mengeringkan area tersebut dengan benar. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi jamur karena jamur lebih mudah berkembang biak di lingkungan yang hangat, lembab, dan minim sirkulasi udara seperti pada kemaluan.

Dengan menjaga daerah kemaluan Anda tetap kering, maka Anda pun akan mencegah jamur berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

 

Ganti Pakaian Dalam Setiap Hari

Saat Anda menggunakan pakaian dalam yang tidak dicuci atau tidak mengganti pakaian dalam Anda, maka jamur yang memang sudah ada pada kemaluan Anda dapat berkembang biak dan memicu terjadinya infeksi.

 

Gunakan Handuk Anda Sendiri

Saat Anda berolahraga di tempat fitness, gunakanlah handuk Anda sendiri. Jangan gunakan handuk yang sama dengan teman Anda dan selalu gunakan alas kaki saat Anda mandi di tempat pemandian umum. Hal ini dikarenakan jamur pada permukaan lantai dapat menyebabkan infeksi pada kaki, yang dapat menyebar hingga ke kemaluan.

 

Gunakan Sabun Tanpa Pewangi

Selain infeksi dan gangguan kulit tertentu, rasa gatal pada kemaluan Anda juga dapat disebabkan oleh reaksi alergi terhadap sabun tertentu. Oleh karena itu, jangan menggunakan sabun antiseptik atau herbal atau bubble bath.

 

Baca juga: Cara Alami Redakan Gatal pada Kulit

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: healthxchange

Sidik Suprayogi
May 05  -  2 min read