Your browser does not support JavaScript!
Tips Menjaga Imunitas Di Masa Pandemi
Tips Menjaga Imunitas di Masa Pandemi

Seperti yang kita ketahui kasus positif virus covid kini sedang meningkat. Hal ini sangat mengkhawatirkan dan mengharuskan kita untuk selalu berhati-hati. Salah satu hal yang bisa dilakukan agar terhindar dari paparan virus covid adalah dengan menerapkan protokol kesehatan, selain itu juga bisa dengan memperkuat imunitas tubuh. Menjaga kesehatan dengan memiliki imunitas tubuh yang baik merupakan hal penting. 

Nah jadi bagaimana sih caranya untuk menjaga imunitas di masa pandemi ini? Simak tips dibawah ini!

  • Hindari kontak dengan orang sakit
    Ketika merasa kondisi kekebalan tubuh sedang tidak baik sebaiknya hindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Walaupun hanya flu atau pilek sebaiknya jangan kontak kulit atau memakai alat-alat makan, handuk atau baju. Ini merupakan hal terbaik untuk meningkatkan imunitas tubuh yang bisa dilakukan.
  • Nutrisi yang cukup
    Nutrisi untuk tubuh juga harus seimbang, disarankan untuk mengonsumsi buah lebih banyak, sehingga tidak perlu mengonsumsi vitamin berlebihan dengan dosis yang tinggi.
  • Olahraga secara teratur
    Olahraga bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Berolahraga tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga sangat baik untuk melepaskan stress dan juga melancarkan sirkulasi darah pada tubuh. Jika orang memiliki kekebalan tubuh yang rendah harus memerhatikan kondisi tubuh dan lebih baik jangan memaksakan diri terlalu berlebihan.
  • Waktu tidur berkualitas
    Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas bisa menjaga imunitas tubuh, waktu tidur yang normal adalah 7-8 jam. Jika tubuh lelah dan imunitas menjadi terganggu akan membuat paparan virus covid-19 mudah masuk ke alamm tubuh.
  • Jaga kebersihan
    Salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan menjaga kebersihan diri. Contohnya dengan menjaga kebersihan kulit terluar yang ada pada tubuh. Menjaga kebersihan itu perlu karena kuman yang hidup dan menempel pada kulit tidak masuk kedalam tubuh. Langkah yang paling mudah adalah selalu mencuci tagan dengan air yang bersih dan mengalir menggunakan sabun.

Baca juga: Ibuprofen Dapat Mengembalikan Fungsi Sistem Imunitas di Masa Tua?

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

 

Digital Dokterid
Jul 05  -  3 min read