Your browser does not support JavaScript!
Tips Mencegah Bau Mulut
Tips Mencegah Bau Mulut

Bau mulut atau secara ilmu medis disebut halitosis, dapat berasal dari kesehatan mulut yang buruk dan merupakan tanda-tanda penyakit kesehatan yang lain. Bau mulut dapat diperburuk oleh makanan tertentu yang anda makan dan polahidup yang tidak sehat lain.

 

Makanan apa yang menyebabkan bau mulut ?

Pada dasarnya, semua makanan yang dimakan mulai dipecah di mulut. Makanan akan dicerna dan diserap ke dalam aliran darah, dan akhirnya dibawa ke paru-paru dan dilepaskan dalam napas Anda. Jika makanan yang anda makan memiliki aroma yang kuat (seperti  bawang putih dan bawang Bombay), dengan menggosok, menggunakan dental floss, bahkan menggunakan mouthwash, mungkin dapat menutupi bau mulut sementara. Bau mulut tidak akan hilang seluruhnya sampai seluruh makanan keluar dari tubuh anda.

 

Apa kebiasaan buruk yang menyebabkan bau mulut ?

Walaupun  anda menggosok gigi dan menggunakan dental floss setiap hari, partikel-partikel makanan akan tetap tinggal di mulut anda yang dapat membuat tumbuhnya bakteri diatara sela-sela gigi, sekitar gusi dan di lidah. Hal ini menyebabkan timbulnya bau mulut. Pencuci mulut antibakteri dapat membantu mengurangi bakteri.

Merokok atau produk tembakau yang dikunyah juga dapat menyebabkan bau mulut, noda di gigi dan mengurangi kemampuan untuk merasakan makanan, juga dapat mengiritasi gusi.

 

Masalah kesehatan apa yang menyebabkan bau mulut ?

Bau mulut yang terus menerus atau rasa di mulut yang tidak enak dapat merupakan peringatan dari penyakit gusi. Penyakit gusi dapat disebabkan oleh menumbunnya karang gigi. Bakteri mengeluarkan toksinyang dapat mengiritasi gusi. Jika infeksi gusi ini tidak diobati dengan baik maka dapat menyebabkan kerusakan di gusi dan tulang rahang.

Penyakit mulut lain yang menyebabkan bau mulut adalah penggunaan alat pembersih gigi yang tidak baik, infeksi jamur di mulut dan karies gigi.

Kondisi medis yang disebut "mulut kering" (juga disebut xerostomia) juga dapat menyebabkan bau mulut. Air liur diperlukan untuk untuk melembabkan dan membersihkan mulut dengan menetralkan asam yang dihasilkan oleh karang gigi dan membasuh keluar sel-sel mati yang menumpuk di lidah, gusi dan pipi.. Jika tidak disingkirkan, sel-sel mati yang menumpuk ini dapat menyebabkan bau mulut. Mulut kering dapat disebabkan karena efek samping seperti obat-obatan, masalah kelenjar lidah atau kebiasaan bernafas melalui mulut.

Banyak penyakit lain yang dapat menyebabkan bau  mulut. Berikut adalah masalah kesehatan yang harus diawasi : masalah saluran pernafasan seperti pneumonia atau bronchitis, infeksi sinus kronik, postnasal drip, diabetes, refluks acid kronik, masalah hati dan masalah ginjal.

 

 

Sumber : webmd

 

Eko Siswanto
May 22  -  3 min read