Your browser does not support JavaScript!
Tips Agar Tidak Boros Selama Bulan Puas
Tips Agar Tidak Boros Selama Bulan Puas

Ketika sedang bulan puasa orang-orang pasti berpikir akan hemat karena tidak perlu membeli makanan dan minuman, membeli makanan hanya waktu sahur dan waktu buka puasa. Banyak yang mengira kalau bulan puasa bisa menabung dan tidak boros. Tetapi justru kebalikannya, bulan puasa membuat sesorang menjadi lebih boros, hal ini di sebabkan karena banyak orang yang membeli keperluan yang tidak perlu. Banyak hal yang bisa membuat boros ketika puasa, contohnya membeli takjil berlebihan karena lapar mata, akhirnya tidak di makan.

Nah biar gak jadi boros gimana ya caranya ? Simak tips dibawah ini!

  • Jangan berbelanja ketika sedang lapar

Saat sudah mau berbuka puasa seseorang pasti merasa sangat lapar, dan akhirnya ketika berbelanja menjadi ‘lapar mata’. Akibat dari ‘lapar mata’ meyebabkan seseorang membeli makanan yang terlalu berlebihan untuk dimakan ketika berbuka puasa. Karena membeli makanan terlalu banyak akhirnya makanan terbuang karena sudah terlalu kenyang. Jadi usahakan jangan membeli makanan ketika sedang lapar ya.

 

  • Masak dirumah

Masak dirumah adalah salah satu solusi untuk berhemat, memasak dirumah pasti lebih hemat dan murah , selain itu masak dirumah sendiri lebih bersih dan higenis.

 

  • Hindari tempat perbelanjaan

Saat sedang bulan Ramadhan pasti orang-orang akan berbelanja lebaran. Di tempat perbelanjaa biasanya ketika sedang bulan Ramadhan akan banyak diskon, nah barang diskon tersebut pasti akan membuat tergoda karena murah, akhirnya membeli barang tersebut. Berbelanja boleh dilakukan tetapi berbelanjalah dengan bijak dan sewajarnya saja.

 

  • Kurangi berbuka puasa bersama teman

Biasanya ketika bulan puasa pasti banyak ajakan untuk buka puasa bersama, hal ini adalah salah satu alasan yang membuat boros ketika bulan puasa. Jika ingin berbuka puasa bersama teman tidak masalah, tetapi lebih baik memilih-milih ajakan berbuka puasa, jika menerima semua ajakan akan membuat kita mengeluarkan lebih banyak uang, akhirnya menjadi boros.

 

  • Buat daftar keuangan selama bulan puasa

Membuat daftar pengeluar selama bulan puasa itu sangat penting, agar kita bisa mengetahui sudah berapa banyak mengeluarkan uang agar tidak berlebihan. Mengatir keuangan saat bulan sangat penting untuk dilakukan.

 

Baca Juga: Ingin Puasa Tetap Nyaman? Ikuti Tips Berikut

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fituTanya dokter sekarang.

 

 

Dipo Hartono
May 07  -  3 min read