Your browser does not support JavaScript!
Tidur Di Sofa Dapat Menyebabkan Kematian Pada Bayi, Benarkah?
Tidur di Sofa Dapat Menyebabkan Kematian Pada Bayi, Benarkah?

Berdasarkan sebuah penelitian baru, sofa merupakan salah satu tempat paling berbahaya bagi bayi untuk tidur. Hampir 8.000 bayi mengalami kematian saat tidur di Amerika dan para peneliti menemukan bahwa sekitar 12% di antaranya berhubungan dengan sofa, di mana sekitar tiga perempat bayi tersebut merupakan bayi baru lahir.

Sudden infant death syndrome (SIDS) merupakan suatu keadaan di mana bayi yang tampak sehat tibat-tiba meninggal tanpa sebab yang jelas, yang biasanya terjadi saat bayi tidur.

Pada penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa para bayi yang meninggal saat tidur di sofa ini mungkin disebabkan oleh kesulitan bernapas. Sekitar 40% dari bayi dalam penelitian ini meninggal akibat kesulitan bernapas, sekitar 36% di antaranya meninggal tanpa penyebab yang jelas, dan 24% di antaranya meninggal karena SIDS.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati lebih dari 7.900 bayi yang dilaporkan meninggal saat tidur selama 8 tahun di sekitar 24 negara bagian di Amerika. Sekitar setengah kasus kematian bayi ini terjadi saat bayi tidur di atas ranjang orang dewasa dan sekitar seperlimanya terjadi saat bayi tidur di ranjang bayi. Akan tetapi, para peneliti lebih memfokuskan penelitian ini pada kematian 1.000 orang bayi yang terjadi saat tidur di sofa.

Sebagian besar bayi yang meninggal saat tidur di atas sofa ini berusia 3 bulan atau lebih muda. Para peneliti mengatakan bahwa bayi seringkali tertidur di atas sofa karena orang tuanya memberinya makan sambil menonton televisi atau melakukan hal lainnya saat terbangun di tengah malam, akan tetapi secara tidak sengaja tertidur di atas sofa karena merasa kelelahan.

Pada penelitian ini, para peneliti juga menemukan bahwa bayi yang meninggal saat tidur di atas sofa biasanya ditemani oleh orang lain saat tidur di sofa, terutama dengan orang dewasa. Para peneliti menduga bahwa kematian bayi ini mungkin terjadi karena bayi sulit bernapas akibat tertekan di antara 2 orang dewasa atau di antara orang dewasa dan sofa.

Mengapa sofa berbahaya bagi bayi? Hal ini dikarenakan sofa empuk dan lembut, yang membuat bayi lebih mudah mengalami kesulitan bernapas karena bayi lebih mudah berguling dan akhirnya tergencet di antara tempat duduk dan senderan sofa.

Berdasarkan penelitian ini, para peneliti mengatakan bahwa bayi yang meninggal saat tidur di atas sofa juga memiliki faktor resiko SIDS lainnya atau kematian saat tertidur lainnya, misalnya memiliki ibu yang merokok selama hamil, dibandingkan dengan bayi yang meninggal saat tidur di atas ranjang orang dewasa atau ranjang bayi.

Satu hal yang perlu diingat para orang tua adalah bahwa SIDS dapat terjadi kapan saja (saat tidur siang atau di malam hari), dan dapat terjadi di mana saja (di rumah, tempat penitipan anak, atau di rumah saudara). Pastikan bahwa bayi Anda selalu tertidur sendirian (tidak ada orang dewasa atau bantal atau benda lemut lainnya), dengan posisi terlentang, dan di ranjangnya sendiri (ranjang bayi).

 

 

Sumber: webmd

 

Editor Dokter.id
Dec 03  -  3 min read